Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang diminati konsumen
Menangkap sebuah peluang usaha hendaknya memperhatikan beberapa hal
yang sangat penting. Penting disini yaitu berkaitan dengan hal apa saja yang
sangat diminati konsumen. Jangan pernah sekali- kali mengambil peluang usaha
baik dari segi produk maupun jasa atau layanan yang tidak sama sekali diminati
konsumen. Semua itu karena target utama kita melakukan pemasaran adalah demi
tercapainya hubungan jual beli dengan konsumen. Alangkah baiknya lagi jika kita
melakukan survei terlebih dahulu produk apa saja yang sangat dibutuhkan dan
diminati para konsumen. Jika kita sudah menemukan jawabannya maka segeralah
untuk menciptakan produk tersebut.
Sebuah usaha harus benar- benar kita survey terlebih dahulu agar
berjalan dengan baik. Pusatkan pikiran kita pada konsumen yang ada dilingkungan
dimana kita akan menciptakan lapangan usaha tersebut. Selain itu langkah
terakhir yang perlu kita lakukan adalah target konsumen mana yang akan kita
ambil. Mengapa demikian? Tentu saja karena yang namanya konsumen ada berbagai
macam. Dari mulai balita, anak- anak, remaja, dewasa atau manula. Itulah kategori
target yang harus kita ambil untuk menunjang kelancaran usaha kita.
Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang dapat memenangkan
persaingan
Kumpulkan beberapa data yang akurat terkait produk yang up to date
atau terbaru. Tidak hanya itu perlu kita ingat semakin bertambah hari, bulan
dan tahun maka konsumen menginginkan produk terbaru yang lebih baik dari produk
sebelumnya. Kumpulkan juga data mengenai perusahaan mana yang sudah bersiap-
siap meluncurkan produk barunya. Selain itu konsumen dari kalangan mana saja
yang sedang gencar- gencarnya mencari produk baru. Jika semua data terkumpul
maka lakukanlah analisis terhadap data tersebut.
Cari solusi terbaik agar kita bisa menciptakan produk yang sangat
laris di pasaran. Dengan begitu produk yang kita buat tidak akan kalah saing
dengan produk- produk dari perusahaan lainnya. Kalahkan para pesaing dengan
cara yang professional bukan curang. Bila perlu lakukan konsep ATM yang
sebelumnya sudah kami bahas. Karena itu adalah cara terbaik sebelum kita
meluncurkan produk yang kita buat.
Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan
produk
Hindari ide- ide yang membosankan terkait produk yang akan kita
buat. Membosankan disini bukan tidak menarik. Tapi membosankan disini adalah
ide yang nantinya jika diterapkan mengalami kepopuleran jangka panjang. Bukan produk
yang baru kita buat dalam waktu 1 bulan sudah tidak lagi diminati konsumen atau
membosankan bagi pembelinya. Tentu saja perlu adanya analisis yang luar biasa
sebelum menciptakan produk. Karena tahapan ini cukup sulit bagi siapa saja
sekalipun itu perusahaan terkenal. Maka dari itu kita perlu melakukan survei
terus menerus terkait produk yang kita inginkan.
Jangan sampai salah bertindak karena akan berakibat fatal dan
mengalami kerugian yang luar biasa. Ibarat buku yang diterbitkan dengan cara
self publishing (menerbitkan sendiri) tanpa pikir panjang langsung dicetak
berupa buku dengan jumlah yang banyak tanpa melakukan analisis terlebih dahulu
atas karyanya itu. Dan sekali dijual tidak laku di pasaran maka akan mengalami
kerugian yang luar biasa. Lebih baiknya menerbitkan dengan penerbit yang
melakukan seleksi terlebih dahulu agar benar- benar yakin bahwa karyanya akan
laku dipasaran walaupun penjualan tidak sampai 100%. Itu lebih baik dari pada
tidak laku sama sekali di pasaran.
Ide dalam pembuatan desain, model, corak, warna produk atau jasa
yang disenangi konsumen
Langkah terakhir yang harus diperhatikan adalah desain, model,
corak dan warna produk yang disenangi konsumen. Karena ini kunci utama dari
menciptakan sebuah produk. Perhatikan desain apa yang simpel, tidak terlalu
ramai tapi menarik dan diminati konsumen. Karena desain yang berlebihan pun
tidak akan disukai oleh para konsumen. Mereka lebih suka desain yang minimalis
dan sesuai dengan fungsinya. Bukan desain yang berlebihan tapi fungsinya tidak
mendukung. Model pun harus diperhatikan dan janga pernah menciptakan model yang
sama dengan produk sebelumnya.
Bahkan jika ada yang sudah menyamai produk tersebut cari model yang
lain. Maka dari itu survei sangat diperlukan dalam hal ini. Karena bertujuan
menghindari kesamaan produk dengan produk sebelumnya dan produk perusahaan
lain. Corak dan warna juga adalah bagian dari desain maka dari itu keduannya
harus saling selaras agar terlihat serasi. Keserasian sangat diperlukan dalam
menciptakan sebuah desain produk. Jika hal tersebut kita abaikan maka konsumen
tidak akan tertarik sama sekali.
No comments:
Post a Comment