Wednesday, March 16, 2016

MENGEMBANGKAN IDE DAN PELUANG USAHA

Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang diminati konsumen

Menangkap sebuah peluang usaha hendaknya memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Penting disini yaitu berkaitan dengan hal apa saja yang sangat diminati konsumen. Jangan pernah sekali- kali mengambil peluang usaha baik dari segi produk maupun jasa atau layanan yang tidak sama sekali diminati konsumen. Semua itu karena target utama kita melakukan pemasaran adalah demi tercapainya hubungan jual beli dengan konsumen. Alangkah baiknya lagi jika kita melakukan survei terlebih dahulu produk apa saja yang sangat dibutuhkan dan diminati para konsumen. Jika kita sudah menemukan jawabannya maka segeralah untuk menciptakan produk tersebut.

Sebuah usaha harus benar- benar kita survey terlebih dahulu agar berjalan dengan baik. Pusatkan pikiran kita pada konsumen yang ada dilingkungan dimana kita akan menciptakan lapangan usaha tersebut. Selain itu langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah target konsumen mana yang akan kita ambil. Mengapa demikian? Tentu saja karena yang namanya konsumen ada berbagai macam. Dari mulai balita, anak- anak, remaja, dewasa atau manula. Itulah kategori target yang harus kita ambil untuk menunjang kelancaran usaha kita.

Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang dapat memenangkan persaingan

Kumpulkan beberapa data yang akurat terkait produk yang up to date atau terbaru. Tidak hanya itu perlu kita ingat semakin bertambah hari, bulan dan tahun maka konsumen menginginkan produk terbaru yang lebih baik dari produk sebelumnya. Kumpulkan juga data mengenai perusahaan mana yang sudah bersiap- siap meluncurkan produk barunya. Selain itu konsumen dari kalangan mana saja yang sedang gencar- gencarnya mencari produk baru. Jika semua data terkumpul maka lakukanlah analisis terhadap data tersebut.

Cari solusi terbaik agar kita bisa menciptakan produk yang sangat laris di pasaran. Dengan begitu produk yang kita buat tidak akan kalah saing dengan produk- produk dari perusahaan lainnya. Kalahkan para pesaing dengan cara yang professional bukan curang. Bila perlu lakukan konsep ATM yang sebelumnya sudah kami bahas. Karena itu adalah cara terbaik sebelum kita meluncurkan produk yang kita buat.

Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan produk

Hindari ide- ide yang membosankan terkait produk yang akan kita buat. Membosankan disini bukan tidak menarik. Tapi membosankan disini adalah ide yang nantinya jika diterapkan mengalami kepopuleran jangka panjang. Bukan produk yang baru kita buat dalam waktu 1 bulan sudah tidak lagi diminati konsumen atau membosankan bagi pembelinya. Tentu saja perlu adanya analisis yang luar biasa sebelum menciptakan produk. Karena tahapan ini cukup sulit bagi siapa saja sekalipun itu perusahaan terkenal. Maka dari itu kita perlu melakukan survei terus menerus terkait produk yang kita inginkan.

Jangan sampai salah bertindak karena akan berakibat fatal dan mengalami kerugian yang luar biasa. Ibarat buku yang diterbitkan dengan cara self publishing (menerbitkan sendiri) tanpa pikir panjang langsung dicetak berupa buku dengan jumlah yang banyak tanpa melakukan analisis terlebih dahulu atas karyanya itu. Dan sekali dijual tidak laku di pasaran maka akan mengalami kerugian yang luar biasa. Lebih baiknya menerbitkan dengan penerbit yang melakukan seleksi terlebih dahulu agar benar- benar yakin bahwa karyanya akan laku dipasaran walaupun penjualan tidak sampai 100%. Itu lebih baik dari pada tidak laku sama sekali di pasaran.

Ide dalam pembuatan desain, model, corak, warna produk atau jasa yang disenangi konsumen

Langkah terakhir yang harus diperhatikan adalah desain, model, corak dan warna produk yang disenangi konsumen. Karena ini kunci utama dari menciptakan sebuah produk. Perhatikan desain apa yang simpel, tidak terlalu ramai tapi menarik dan diminati konsumen. Karena desain yang berlebihan pun tidak akan disukai oleh para konsumen. Mereka lebih suka desain yang minimalis dan sesuai dengan fungsinya. Bukan desain yang berlebihan tapi fungsinya tidak mendukung. Model pun harus diperhatikan dan janga pernah menciptakan model yang sama dengan produk sebelumnya.



Bahkan jika ada yang sudah menyamai produk tersebut cari model yang lain. Maka dari itu survei sangat diperlukan dalam hal ini. Karena bertujuan menghindari kesamaan produk dengan produk sebelumnya dan produk perusahaan lain. Corak dan warna juga adalah bagian dari desain maka dari itu keduannya harus saling selaras agar terlihat serasi. Keserasian sangat diperlukan dalam menciptakan sebuah desain produk. Jika hal tersebut kita abaikan maka konsumen tidak akan tertarik sama sekali.

No comments:

Post a Comment