Wednesday, March 2, 2016

YANG TAK TAMPAK MENJADI BANYAK

Suatu hari Rasulullah dan sahabat- sahabatnya turun di suatu tempat di pada pasir yang tandus, tidak ada tanam- tanaman. Tapi hari itu mereka perlu ranting- ranting kecil untuk menyalakan api.

" Kumpulkan ranting- ranting kecil," perintah Nabi kepada sahabat- sahabatnya.

" Baik, Ya Rasulullah," jawab mereka. " Tapi, lihatlah. Betapa kosongnya padang pasir ini, tidak terlihat kayu- kayu kecil sedikit pun disini."

" Bagaimana, setiap orang harus mengumpulkan sebanyak yang dia bisa".

Semua sahabat pergi ke padang pasir. Mereka mencari kayu- kayu kecil dan mengumpulkannya hingga akhirnya setiap orang berhasil membawa ikatan kecil ranting- ranting kayu. Kemudian dikumpulkan di suatu tempat. Tak lama kemudian, jadilah setumpukan kayu yang telah menimbun. Kemudian, Nabi SAW bersabda. " Dosa- dosa kecil sama seperti kayu- kayu kecil ini. Pada mulanya dia tidak Tampak di mata, namun setiap sesuatu pasti ada yang mencari dan mengejarnya. Apa yang kalian cari tadi, kini telah tertimbun banyak di depan mata. Dosa- dosa kalian, kelak juga akan dikumpulkan dan dihisab. Suatu hari nanti, kalian akan melihat dosa- dosa kecil yang mulanya tidak tampak di mata tiba- tiba telah tinggi menggunung".

No comments:

Post a Comment