Sunday, September 18, 2016

TAHUKAH ANDA DIBALIK SERIAL DRAMA RANVEER DAN ISHANI ( MERI AASHIQUI TUM SE HI )

TAHUKAH ANDA DIBALIK SERIAL DRAMA RANVEER DAN ISHANI ( MERI AASHIQUI TUM SE HI )

Siapa yang tidak tahu dengan serial drama dari India yang satu ini. Mulai dari kalangan anak- anak, remaja, dewasa sampai orang yang sudah lanjut usia pun sangat senang dengan alur ceritanya. Dari situlah serial drama ini mulai disukai oleh para penontonya. Selain tokohnya yang hebat dalam memerankan drama tersebut juga banyak sekali pelajaran yang terkandung didalamnya. Pelajaran itu tidak hanya di dapat dari sekolah, Universitas dan tempat les atau kursus lainnya. Karena tidak salahnya kita mengambil pelajaran dalam sebuah film. Memang sebuah film itu pasti ada dampak buruknya. Tapi apa salahnya jika kita hanya melihat dari sisi positifnya agar apa yang kita tonton tidak menjadi sia- sia dan tidak hanya untuk kesenangan semata.

Namun kali ini saya bukan akan menjelaskan dari mana kisah tersebut berawal dan dimana akan berakhir. Serta bagaimana kisah ini berjalan dan peristiwa apa saja yang terjadi didalamnya. Tapi disini saya bukan akan membahas hal tersebut melainkan akan saya jelaskan bahwa di dalamnya terdapat pelajaran yang sangat luar biasa. Dimana secara tidak sadar kita hanya terpesona dengan alur dramanya. Sehingga hal tersebut terlupakan oleh kita sebagai penonton setianya. Ingin tahu apa hal menarik dari film tersebut serta ilmu apa terdapat didalamnya. Ilmu yang ada di serial drama India tersebut adalah " Kunci Sukses". Akan tetapi kunci sukses dari film tersebut bukanlah secara umum atau general, melainkan secara khusus yang berkaitan dengan kunci sukses dalam berbisnis.


Drama Meri Aashiqui tum se hi telah mengajarkan kepada kita secara tidak langsung bahwa bisnis bukanlah hal yang menakutkan. Bukan pula hal yang sulit jika kita memahami prinsip dasarnya. Sekali lagi prinsip dasar, bukan ilmu dari bisnis tersebut. Mengapa? karena sebuah ilmu akan datang dan bersatu dengan kita apabila kita memahami prinsip dasarnya. Apa yang menjadi prinsip dasar yang dimaksud tersebut? yaitu prinsip dasar tentang kita dengan dunia ini dan seluruh isinya. Ranveer sebagai pemeran utama dalam film tersebut telah mengajarkan kita bahwa langkah awal adalah memahami makna ketuhanan. Kita sebagai manusia yang dihidupkan di dunia tentunya tidak hidup begitu saja. Ada zat yang maha menghidupkan kita sehingga setelah kita dihidupkan maka kita harus bergantung padanya dalam berbagai hal. Berinteraksilah kita dengan Sang Pencipta agar apa yang kita jalankan di dunia ini memiliki tujuan yang pasti dan bermakna. Jika dirimu adalah seorang kristen maka sembahlah apa yang dipercayai olehmu. Jika dirimu adalah seorang hindu atau budha maka sembahlah dengan sungguh- sungguh yang menjadi keyakinanmu. Lalu jika dirimu adalah seorang muslim maka sembahlah tuhanmu dengan sebaik- baiknya iman. Itulah yang diajarkan dalam film tersebut, menjadi langkah utama sebelum ada yang utama lainnya. Maka dapat kita simpulkan prinsip pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki keyakin dan keimanan kita kepada Sang Pencipta. Tapi perlu kita sadari juga bukan hanya sekedar yakin, tetapi harus menjalankan juga semua yang diperintahkannya dan menjauhi apa yang dilarangnya. Apabila apa yang sudah menjadi ketentuan Sang Maha Kuasa ini ditentang maka segera meminta ampunlah karena ada kunci perbaikan diri di dalamnya.

TAHUKAH ANDA DIBALIK SERIAL DRAMA RANVEER DAN ISHANI ( MERI AASHIQUI TUM SE HI )

Selanjutnya apa lagi yang menjadi prinsip sukses dalam berbisnis? tenang saja akan saya lanjutkan penjelasannya. Ranveer terlahir dari keluarga yang miskin sehingga dia bersama keluarganya harus menjalani hidupnya di sebuah rumah besar sebagai pelayan. Hal tersebut dilakukannya sejak usia 9 tahun hingga dewasa menjadi seorang supir majikannya. Bahkan sekolahnya pun hanya cukup sampai Sekolah menengah akhir bukan Universitas seperti anak majikannya yaitu Ishani. Dari sini sudah jelas bahwa sebuah kesuksesan itu berawal dari kesulitan. Orang sukses yang terlahir karena dia mengalami sebuah kesulitan yang teramat sulit. Maka bisa dijamin kesuksesannya sangatlah luar biasa dan kesuksesan berikutnya akan selalu menantinya. Hal ini pun perlu dilakukan oleh para pemula yang bergelut di dunia bisnis dan berniaga. Alangkah baiknya mengawali usahanya dari yang kecil dulu dan nikmatilah kesusahan- kesusahan yang kita rasakan. Sehingga suatu hari nanti menuai kesuksesan yang luar biasa. Bahkan ketika kita sudah sukses maka akan terasa biasa saja saat kesulitan- kesulitan datang kembali menghampiri kita. Tidak hanya itu kita juga akan dapat mengatasinya dengan tenang dan cerdas. Inilah prinsip kedua yang harus kita jalani jika ingin sukses dengan sempurna.

Prinsip yang ketiga adalah menjaga sopan santun kepada yang tua baik itu mempunyai perbedaan 1 tahun, 2 tahun bahkan 30 tahun sekalipun. Hal ini diterapkan oleh tokoh Ranveer, dia senantiasa menjaga sopan santunnya kepada yang lebih tua. Saat dia dimarahi oleh yang lebih tua karena kesalahannya ataupun dia tidak salah sekalipun, sikap yang dia terapkan adalah tidak pernah melawan. Ranveer hanya mendengarkannya saja tidak sedikitpun membuat alasan atau menentang majikannya itu. Hal tersebut tidak hanya dilakukan kepada sang majikan melainkan semua orang diluar sana itulah kebiasaan yang dilakukan olehnya. Dalam cerita tersebut dia diajarkan oleh ayahnya yang mana pernah berpesan, " Yang perlu kita lakukan agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dan berjalan dengan lancar hanya mendengarkan saja bukan memasukkannya di dalam telinga, lalu tataplah apa yang ada didepanmu dan lakukan pekerjaan dengan pandanganmu sehingga apapun itu pekerjaannya dapat dilakukan dengan penuh rasa senang dan tenang", Ujar ayahnya itu. Itulah yang menjadi pelajaran luar biasa oleh Ranveer. Tapi perlu kita ingat mendengarkan tapi tidak memasukkan kedalam telinga bukan berarti bersikap cuek atau melalaikannya tapi lebih kepada menyerapnya sebagai energi positif. Jelas bukan bahwa sopan santu itu perlu kita tanamkan dalam kehidupan sehari- hari, baik kepada yang lebih tua atau pun yang muda.

Prinsip keempat yaitu bersenang hatilah ketika mendapat sebuah hinaan dari orang terdekat, teman, majikan, bos ataupun orang yang baru kita kenal sama sekali. Ranveer telah menerima berbagai macam hinaan dari arah yang tidak dia duga. Setiap pekerjaan yang dia lakukan selalu selesai dengan sempurna tanpa ada kesalahan sedikitpun tapi ibu dari majikannya sangatlah keras memperlakukannya. Tapi apa yang terjadi? dengan santainya Ranveer mendengarkan hinaan dan perkataan yang tidak mengenakan hatinya. Baginya seorang pelayan hanya melayani majikannya dengan sebaik mungkin dan bilamana sang majikan memarahinnya maka itu adalah hal yang biasa. Tidak sedikitpun perkataan tersebut mengganggu hatinya itu. Dengan rasa ikhlas yang teramat luar biasa diterima dengan lapang dada dan dikeluarkan dengan sebuah senyuman. Coba bagaimana jika kita mengalami hal demikian? mungkin akan kabur, marah, menantang, dan menuntuk ke pengadilan. Tapi tidak untuk seorang anak supir itu baginya celaan dan hinaan adalah hal yang biasa dan bisa membangun dirinya akan arti sebuah kehidupan. Kesetiaannya kepada majikannya itu membuat dirinya semakin semangat untuk bekerja. Tidak hanya itu cercaan pun datang dari luar ketika dia hendak mengantar anak dan keponakan majikannya pergi ke pesta. Ranveer melihat banyak makanan lezat untuk para tamu undangan. Dengan santainya dia berusaha untuk menyantap makanan tersebut, tapi sayang sekali pemilik rumah tersebut melarangnya memakan makanan itu. Dia berkata bahwa makanan itu tidak layak itu seorang pelayan seperti Ranveer karena khusus untuk para tamu undangan. Dengan santai pun Ranveer tersenyum dan meminta maaf, tidak ada rasa sedih atau sakit hati sedikitpun. Bahkan dia malah menyadarkan dirinya bahwa dirinya memang pelayan dan tidak pantas memakan makanan para tamu undangan. Lalu dia hanya mengambil satu makanan saja untuk dimakan di luar aula pesta. Sungguh luar biasa apa yang dilakukan oleh Ranveer, bisakah kita mencontoh perilakunya itu. Jika ya, maka lihat apa yang akan terjadi pada kita dimasa mendatang.

Prinsip kelima adalah memberi harta yang kita miliki, baik sedang susah ataupun senang, baik saat miskin maupun kaya. Inilah yang menjadi dasar penting selanjutnya jika ingin berhasil dan sukses. Hal ini telah dicontohkan oleh Ranveer pada saat menjadi seorang pelayan di rumah majikannya. Ada seorang pelayan yang bekerja dan melakukan sedikit kesalahan sehingga ibu dari majikannya itu memarahinya, menendangnya, dan mengusirnya tanpa memberi upah atau pesangon sedikitpun. Ranveer diperintahkan untuk membawanya keluar rumah dan tidak mengijikannya masuk kembali kerumah majikkannya. Ketidak tegaannya melihat hal tersebut Ranveer mengeluarkan uang dalam sakunya yang cukup untuk ongkos pulang ke kampungnya. Dia memberikannya secara cuma- cuma karena dia lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Sungguh luar biasa, disaat dia menjadi seorang pelayan yang gajihnya pun hanya cukup untuk dirinya dan keluarganya itu. Dengan ikhlas memberikan sebagian uangnya untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tidak hanya itu saat keponakannya yang sudah menikah dan tinggal di rumah mertuanya. Tiba- tiba diusir dari rumah, lalu tinggal di hotel namun suatu hari kehabisan biaya untuk melangsungkan hidupnya. Pada saat itu Ranveer mengetahui hal tersebut yang mana tidak diketahui majikan dan seluruh keluarganya. Bahkan orang tua Ranveer pun tidak tahu sedikitpun. Lalu Ranveer mengeluarkan uang dalam tabungannya yang cukup besar, bukan kecil. Uang tersebut cukup untuk membeli rumah jika dia mau. Diberikanlah uang tersebut kepada keponakan majikannya itu untuk bertahan hidup. Dengan ikhlas dia memberinya secara cuma- cuma tanpa syarat dan imbalan apapun. Itulah Ranveer yang memberikan banyak pelajaran kepada kita semua. Namun perlu kita ingat saat miskin, cukup dan kaya bukanlah suatu alasan kita tidak bisa berbagi kepada sesama. Maka manfaatkanlah harta yang kita miliki untuk membantu sesama seperti yang dilakukan oleh Ranveer.

Prinsip keenam adalah berbaik hati dan berfikir positif kepada siapapun. Janganlah berburuk sangka kepada siapapun, baik kita mengenalnya atau pun tidak sama sekali. Sikap ini perlu ditanamkan dalam diri kita jika ingin memperoleh sebuah kesuksesan. Dalam serial drama India Ranveer dan Ishani, tokoh Ranveer telah memberikan banyak pelajaran. Hal ini terbukti dalam kisah tersebut ibu dari majikannya sangatlah kasar dan keras ditambah dengan orang- orang diluar sana seperti Chirag yang selalu berbuat jahat kepadanya. Tapi Ranveer tetap berfikir positif bahwa mereka adalah orang yang baik. Tidak pernah ada dalam dirinya untuk menghancurkan seseorang. Karena baginya semua orang itu baik sehingga dia harus tetap berbuat baik. Itulah kebaikan yang selalu ditanamkan dalam dirinya. Hukum kebaikan akan muncul ketika kita berfikir positif. Maka dari itu sebuah kebaikan dan fikiran positif itu sangatlah penting kita terapkan.

Prinsip Ketujuh adalah berani berkorban demi kebaikan. Pengorbanan memang perlu, akan tetapi pengorbanan yang bagaimana? yaitu pengorbanan yang berkaitan dengan kebaikan. Jika kita berani berkorban demi kebaikan maka lambat laun keberhasilan yang ingin kita capai akan menghampiri kita, baik dalam waktu singkat ataupun lama. Inilah yang menjadi dasar terakhir agar kita mendapatkan sebuah kesuksesan dalam berbisnis atau yang lainnya.

Ketujuh prinsip itu telah dilakukan oleh Ranveer dan terbukti pada pertengahan cerita. Saat dia telah berhasil melewati semua prinsip itu maka Ranveer dalam 2 tahun bisa menjadi seorang bos, pengusaha, pembisnis terkenal, terkemuka sampai dijuluki Raja yang bermurah hati. Itulah bukti dari kerja kerasnya. Dia menghadapi hidup yang sulit seperti memakan buah yang teramat pahit tapi dicampur dengan madu yang manis sehingga yang pahit akan terasa manis. Walaupun pahitnya masih terasa. Yakinlah jika anda bisa melakukan ketujuh prinsip diatas maka dalam waktu singkat anda bisa berhasil. Siapa sangka sebuah rezeki bisa datang dari arah yang tidak kita duga. Banyak keajaiban yang terjadi karena ketujuh prinsip di atas. Dimana kita mencari pekerjaan di timur tapi rezeki datang dari barat. Hal ini sering sekali terjadi di kalangan masyarakat kita. Jadi modal utama kesuksesan itu bukan dari Ilmunya, kecerdasanya, kemampuannya, pendidikannya. tapi kesemuannya itu akan muncul ketika ketujuh prinsip diterapkan.

Itulah sedikit tips sukses yang dapat kita ambil dari sebuah cerita yang bukan berasal dari kisah nyata. Tapi memiliki banyak pelajaran dan makna penting didalamnya. Cerita boleh fiktif tapi isi tetap luar biasa. Sampai cuma di lain waktu dengan tips lainnya.

No comments:

Post a Comment