Friday, September 23, 2016

PETA PELUANG USAHA SELALU MENANTI ANDA

PETA PELUANG USAHA SELALU MENANTI ANDA

Begitu banyak sebuah lapangan usaha di dunia ini. Jika kita berbicara soal banyaknya usaha maka banyak pula perusahaan yang ada. Lalu jika ada banyak perusahaan yang berdiri maka banyak pula peluang usaha untuk para pekerja. Mudahnya meniru sebuah produk membuktikan bahwa mudah juga membuat lapangan usaha. Dengan kita mengetahui ilmu dari sebuah perusahaan tentang produksi suatu barang maka ada kemungkinan untuk membuat usaha tersebut. Usaha bisa dimulai sendiri maupun dengan cara melakukan hubungan kerjasama. Bagi mereka yang memiliki modal tapi tidak mengerti tentang usaha yang akan didirikannya itu. Maka kita bisa melakukan hubungan kerjasama dengan perusahaan yang sudah berpengalaman di bidang tersebut dan itu tidak mustahil. 

Sedang mereka yang memiliki modal dan ilmunya hanya cukup mendirikan sebuah perusahaan dan berusaha mengembangkannya. Dari pembicaraan singkat tersebut ada satu pembahasan menarik yang harus dijabarkan agar bisa menambah ilmu kita. pembahasan menarik tersebut adalah mengenai " Peta Peluang Usaha". Tahukah anda apa itu peta peluang usaha? yaitu pemetaan atau pengelompokkan kesempatan menciptakan lapangan usaha yang begitu banyak menjadi beberapa bagian berdasarkan bidang tertentu. Itulah peta peluang usaha, agar tidak membingungkan langsung saja kita bahas tentang peta peluang usaha.

Setelah melakukan analisis  dari semua jenis lapangan usaha maka dapat disimpulkan bahwa peta lapangan usaha itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, diantarannya adalah :

1. Peluang usaha di bidang kesehatan

Ini adalah contoh usaha berdasarkan bidangnya, pasti sudah terbayang apa saja usaha dalam bidang tersebut.
Maka peluang usaha yang bisa diciptakan dalam bidang tersebut adalah membuka apotek, Jual obat Tradisional (Jamu), Jasa terapi kesehatan seperti Bekam dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa contoh peluang usaha yang dapat diciptakan, baik orang tersebut mempunyai ilmunya atau pun tidak sama sekali.

2. Peluang usaha di bidang hiburan

Ingin tahu apa saja peluang usaha yang bisa di dapatkan disini? diantaranya adalah pasar malam, bioskop/ layar tancap, karaoke, sulap dan masih banyak lagi. Saya yakin kalian semua tahu setelah diberi sedikit gambaran.

3. Peluang usaha di bidang pertanian

Yang satu ini bisa menjadi peluang efektif dimana banyak sekali orang- orang yang menekuni usaha tersebut. Dari sini maka bisa disebutkan peluang apa saja yang bisa diciptakan, diantaranya adalah menjual pupuk urea, Menjual binih, Menjual pestisida dan masih banyak lagi. Jika saya sebutkan semuanya sangatlah panjang karena begitu banyak peluang usaha yang bisa diciptakan dalam bidang pertanian.

4. Peluang usaha di bidang jasa

Ini dia bidang yang tidak kalah banyaknya dengan bidang- bidang yang lainnya. Karena sudah jelas dari setiap usaha yang menjual barang pun pasti selalu ada jasa yang diberikannya. Contoh seperti penjual TV, karena untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan barang karena cacat produksi maka penjual akan memberlakukan garansi pada konsumennya. Apa yang terjadi? tentu saja ketika barang tersebut rusak saat garansi masih berlaku atau tidak sama sekali jasa akan sangat diperlukan agar TV tersebut berjalan seperti semula.

Langsung saja saya beri gambaran terkait peluang yang dapat diciptakan dalam bidang jasa, diantaranya adalah Buka bengkel, Tukang cukur, Rental komputer, Warnet, dan tentunya masih banyak lagi. Sudah bisa anda bayangkan bukan apa saja peluang yang dapat diciptakan.

5. Peluang usaha karena hobi

Nah, yang satu ini sangatlah menarik. Terkadang orang menangkap sebuah peluang usaha berdasarkan atas apa yang dia sukai dan minati. Semua itu berkaitan dengan hobi, maka dari itu hobi juga termasuk cara untuk mencari peluang usaha. Ingin tahu apa saja peluang usaha yang dapat diciptakan dari hobi, diantaranya adalah Latihan sepak bola, pelukis, rental musik. Selebihnya silahkan anda cari sendiri karena begitu banyak sekali peluang usaha terkait hobi.

6. Peluang usaha karena ide kreatif

Dari kelima peluang usaha yang sudah saya bahas, dapat disimpulkan semuanya hampir sangat mudah untuk mendapatkan peluang usaha. Akan tetapi berbeda dengan yang satu ini. Ide kreatif sangatlah sulit untuk diciptakan, bahkan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Memang benar, hanya sebagian orang saja yang selalu mempunyai ide- ide kreatif. Tapi tidak ada salahnya setiap orang berusaha untuk menciptakan ide- ide kreatifnya. Baik secara individu maupun kelompok. Apabila anda belum sanggup untuk melakukanya seorang diri maka carilah teman yang bisa membantu anda untuk mendapatkan sebuah ide.

Contoh kecil dari peluang usaha yang bisa didapatkan dari ide kreatif tersebut, diantaranya adalah membuat anyaman dari barang bekas, membuat kekeset dari tanaman. Itulah beberapa contoh yang bisa saya berikan, semoga anda bisa mengembangkannya.

Itulah beberapa peta peluang usaha yang bisa saja jelaskan sedikit, semoga bermanfaat untuk anda semua. Sehingga dengan peta peluang usaha ini dapat membantu mempermudah mencari peluang usaha berdasarkan bidang- bidang tertentu dan bidang yang kita kuasai. Salam sukses selalu....


No comments:

Post a Comment