Sunday, September 4, 2016

PENGUSAHA SUKSES HARUS ANTI MABUK KENDARAAN

PENGUSAHA SUKSES HARUS ANTI MABUK KENDARAAN

Pernahkah anda mengalami yang namanya mabuk kendaraan? pasti hampir semua pernah mengalaminnya. Mabuk saat berada di perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat (mobil) sering terjadi para seseorang baik yang kondisinya stabil maupun yang sedang tidak normal. Bagi orang- orang yang jarang menaiki mobil mungkin sekali dia naik akan terasa mual yang luar biasa. Sampai- sampai sulit untuk menahannya dan terpaksa keluar begitu saja tanpa kita inginkan. Padahal sebenarnya orang tersebut sangatlah sehat, akan tetapi hanya saat dia naik kendaraan tersebut rasa mual atau mabuk itu datang. Tapi coba kita lihat seseorang yang sudah terbiasa naik kendaraan seperti mobil sejak kecil atau usia remaja. Tentunya sangat berbeda, mereka seperti sudah terbiasa dengan keadaan di dalam kendaraan. Sehingga tanpa sedikitpun merasakan rasa mual. Anehnya lagi ketika orang seperti itu ditanya apa kunci agar tidak mabuk kendaraan. Dia pasti akan menjawab " saya tidak tahu, mungkin sudah terbiasa". Itulah jawaban yang sering kita dengan ketika bertanya pada orang  semacam itu.

Memang benar tidak ada yang tahu persis bagaimana tips agar tidak mabuk kendaraan. Tapi semua itu tidak mustahil kita temukan jika melakukan riset dan analisis secara khusus. Mari akan saya beri tipsnya agar teman- teman bisa berkendara dengan nyaman tanpa mabuk kendaraan sama sekali. Tidak lupa pula kepada para pengusaha jangan sampai mabuk kendaraan juga. Karena dari sekian banyak pengusaha pasti memiliki mobil dan supir yang setia mengantarnya kemanapun. Coba bayangkan ketika akan pergi ke suatu tempat untuk menghadiri rapat penting tiba- tiba kondisinya tidak fit lagi karena mabuk kendaraan berulang kali di perjalanan. Tidak menarik bukan jika seorang pengusaha semacam itu. Maka dari itu mulailah melatih diri anda agar terbiasa menaiki kendaraan beroda empat sehingga saat sampai tujuan kita siap dalam kondisi tubuh yang sehat.


Agar tidak berlama- lama langsung saja akan saya beri tipsnya sehingga bisa langsung dipraktekkan. 

Mengubah Kebiasaan Saat Melakukan Perjalanan

Duduklah di kursi depan mobil. Para dokter percaya bahwa mabuk kendaraan disebabkan oleh ketidaksesuaian antara apa yang mata Anda lihat dan bagaimana tubuh Anda menginterpretasikan gerak kendaraan. Misalnya, jika mata Anda melihat kursi mobil di depan Anda, tetapi tubuh merasakan belokan dan kecepatan kendaraan berjalan, telinga bagian dalam dapat terganggu. Hal ini kemudian akan menyebabkan mual dan pusing yang merupakan ciri khas mabuk kendaraan. Untuk menghindari perasaan ini, cobalah memfokuskan mata pada jalan di depan Anda sehingga mata dan tubuh Anda dapat menginterpretasikan informasi yang sama. Dengan duduk di kursi depan, Anda tidak akan terlalu merasakan ketidaksesuaian antara apa yang Anda lihat dan bagaimana tubuh Anda menginterpretasikan gerakan kendaraan.

Mengemudi mobil sendiri memiliki manfaat tambahan yaitu membuat Anda berfokus pada sesuatu, sehingga dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa mabuk. Namun, duduk di samping kursi pengemudi juga dapat membantu mengurangi mabuk kendaraan.

Fokuskan mata Anda pada cakrawala

Memfokuskan mata pada titik visual yang tetap di depan Anda akan membantu menjaga mata, telinga bagian dalam, dan saraf tetap terkendali. Lihatlah ke luar jendela bagian depan mobil, dan carilah titik stabil pada cakrawala di suatu tempat di kejauhan. Anda dapat menjadikan gunung, pohon, bangunan, atau titik di angkasa sebagai titik visual Anda. Pusatkan semua perhatian visual Anda pada titik tersebut. Pertahankan tatapan Anda pada titik tersebut bahkan jika kendaraan melewati gundukan, belokan, dan bukit-bukit. Tahan godaan Anda untuk melihat ke luar jendela bagian samping: lihatlah hanya ke luar jendela bagian depan.

Jika Anda yang mengemudi kendaraan tersebut, pastikan Anda memperhatikan jalan dan mobil-mobil di sekitar Anda sambil tetap memusatkan perhatian pada cakrawala di depan Anda.

Tetaplah tenang

Membuat sirkulasi udara yang baik dan dingin di dalam kendaraan dapat membantu mengurangi rasa mabuk serta meringankan gejala seperti berkeringat dan mual. Jika memungkinkan, bukalah jendela mobil agar angin berembus ke dalam mobil. Selain itu, Anda juga dapat menyalakan kipas angin mobil atau pendingin udara. Arahkan ventilasi udara pada wajah agar dapat memperoleh manfaatnya.

Ventilasi juga dapat membantu mengurangi bau makanan di dalam mobil. Mabuk kendaraan dapat diperburuk oleh bau makanan yang kuat.

Stabilkan kepala Anda

Terkadang sulit untuk menjaga mata tetap terfokus pada satu titik ketika mobil sedang bergerak. Untuk menstabilkan pandangan, pastikan kepala Anda juga stabil. Sandarkan kepala pada sandaran kepala di belakang Anda agar kepala tetap stabil. Bantal leher juga dapat membantu menjaga kepala--dan juga pandangan Anda--tetap stabil.

Sering-seringlah beristirahat

Keluarlah dari mobil untuk meregangkan kaki. Duduklah di bangku atau di bawah pohon dan tarik napas dalam-dalam melalui mulut agar membantu Anda rileks. Hal ini penting dilakukan selama perjalanan terutama perjalanan jarak jauh yang banyak jalan berkelok. Beristirahat sebentar dari perjalanan tidak hanya membantu meringankan mabuk kendaraan, tetapi juga baik bagi pengemudi untuk beristirahat setiap beberapa saat. Lanjutkan perjalanan ketika Anda merasa membaik dan jika pusing dan mual menghilang.

Cobalah untuk tidur

Tidur saat mabuk kendaraan juga baik bagi penumpang mobil. Anda tidak akan menyadari perbedaan antara informasi visual dan sinyal yang tubuh kirimkan karena mata Anda tertutup. Banyak orang merasa bahwa tidur adalah cara terbaik untuk menjalani perjalanan panjang dengan mobil tanpa mengalami mabuk kendaraan.

Jika Anda kesulitan untuk tidur di mobil, pertimbangkan untuk menggunakan obat tidur. Namun jika menggunakan obat tidur, pastikan Anda tidak dibutuhkan untuk mengemudikan mobil sepanjang perjalanan.

Fokuslah pada hal yang lain

Pengalihan merupakan cara yang bagus untuk mengurangi mabuk kendaraan, terutama untuk anak-anak atau orang-orang yang harus duduk di kursi belakang. Alihkan pikiran Anda dari rasa pusing dan mual dengan mendengarkan musik, bernyanyi, atau memainkan permainan 20 questions dengan penumpang yang lain.

Jauhkan buku, telepon genggam, dan perangkat lainnya

Mabuk kendaraan akan memburuk jika Anda berkonsentrasi pada objek visual yang ada di dalam mobil, bukan di luar mobil. Menatapi buku, permainan dalam telepon genggam, media baca elektronik, atau komputer tablet dapat meningkatkan ketidaksesuaian antara mata dan seluruh tubuh. Untuk mencegah mabuk kendaraan, pastikan Anda memfokuskan mata hanya pada benda yang berada di luar mobil, pada cakrawala di depan Anda.

Ada banyak orang yang mengalami mabuk kendaraan hanya jika membaca di dalam mobil. Pastikan hal ini tidak terjadi pada Anda!

Buku audio, radio mobil, dan CD adalah cara yang bagus untuk menghibur diri di dalam mobil tanpa menyebabkan mabuk kendaraan.

Bernapaslah dalam-dalam

Mabuk kendaraan akan memburuk akibat perasaan cemas dan gugup. Teknik relaksasi seperti latihan pernapasan lambat dan perlahan dapat membantu memperlambat denyut jantung Anda dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga kecil kemungkinannya Anda akan mengalami gejala mabuk kendaraan.

Hindari jalan yang tidak rata

Semakin mulus perjalanan Anda, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami mabuk kendaraan. Agar perjalanan Anda mulus, mengemudilah di jalan bebas hambatan ketimbang jalanan kota yang mengharuskan Anda sering-sering mengerem dan pastikan peredam guncangan mobil Anda berkualitas baik. Rute perjalanan juga perlu diperhatikan. Anda dapat menghindari jalan berbukit atau pegunungan dengan mengitari wilayah perbukitan. Usahakan untuk melewati jalan serata mungkin.

Berkendara bukan di jam-jam sibuk juga dapat membantu Anda agar tidak terjebak dalam lalu lintas yang tersendat-sendat.

Belilah gelang anti mabuk perjalanan

Gelang mabuk perjalanan memberikan tekanan yang lembut dan konstan pada lengan bawah, pada sekitar 2,5 cm dari sendi pergelangan tangan. Tekanan ini akan membantu meringankan mual yang disebabkan mabuk perjalanan. Gelang anti mual memang belum terbukti manfaatnya secara ilmiah, namun gelang ini harganya cukup murah dan tidak memiliki efek samping negatif. Anda dapat mempertimbangkan untuk mencobanya, untuk melihat apakah gelang ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda tidak memiliki gelang mabuk perjalanan, Anda dapat memberikan tekanan yang lembut pada lengan bawah Anda (antara kedua tendon) di sekitar 3cm (kira-kira 2,5 cm inci) atau lebih dari sendi pergelangan tangan.

Pertimbangkan untuk menggunakan alternatif transportasi lain

Sebagian orang yang mengalami mabuk kendaraan juga mengalami hal yang sama saat menggunakan kendaraan lain, seperti kereta api, bus, dan pesawat. Namun sebagian orang hanya mengalami mabuk kendaraan di dalam mobil. Kereta api, bus, dan pesawat mungkin dapat dianggap sebagai media untuk berpindah. Kendaraan-kendaraan selain mobil ini mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik karena kendaraan-kendaraan ini mampu memberikan kesan perjalanan yang lebih tenang, tidak terlalu membingungkan mata, dan memungkinkan Anda duduk lebih tegak.

Akan sangat membantu jika Anda mencari kursi yang paling stabil dalam kendaraan-kendaraan ini. Pastikan tempat duduk Anda menghadap ke arah kendaraan melaju (jangan memilih kursi yang menghadap ke belakang); duduklah menghadap ke arah depan kereta dan bus; pilihlah kursi di sisi paling dekat dinding pesawat. Kecil kemungkinannya Anda akan berguncang-guncang saat duduk di kursi tersebut.

Jika melakukan perjalanan jarak pendek, berjalan kaki atau bersepeda dapat menghindari mabuk kendaraan akibat berkendara dengan mobil.

Mengubah Pola Makan

Hindari makanan berminyak dan alkohol sebelum melakukan perjalanan. Makanan berminyak membuat tubuh cenderung merasakan mual. Dan alkohol dapat menyebabkan gejala mabuk alkohol yang dapat memperburuk mabuk kendaraan, seperti pusing, sakit kepala, mual, dan berkeringat. Jika Anda tahu sebentar lagi akan berkendara dengan mobil, jauhi makanan tinggi lemak dan minuman beralkohol untuk menghindari mabuk kendaraan.

Makanlah makanan yang ringan namun sering

Makanan berat dapat membuat Anda lebih mudah merasa mual. Jika Anda berkendara dengan mobil, terutama saat melakukan perjalanan panjang, makanlah hanya makanan yang ringan yang sehat, rendah lemak, dan dalam porsi kecil namun sering. Makanan yang rendah lemak namun tinggi protein merupakan makanan yang ideal untuk mencegah mabuk kendaraan.

Sebagai contoh, jangan makan hamburger saat sedang melakukan perjalanan. Sebaliknya, belilah salad yang disajikan dengan ayam panggang. Jangan meminum susu kocok saat sedang melakukan perjalanan. Sebaliknya, minumlah smoothie yoghurt rendah lemak yang disajikan dengan tambahan bubuk protein.

Bawalah camilan hambar yang terbuat dari tepung di dalam mobil

Camilan sederhana, tidak menggiurkan dan tidak berasa dapat membantu mengatasi perut yang bergejolak. Camilan seperti roti kering, biskuit asin, dan pretzel dapat membantu menyerap asam lambung dan membuat perut terasa lebih tenang. Camilan-camilan ini juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi rasa lapar namun tanpa menyebabkan gangguan pencernaan.

Camilan-camilan ini juga tidak terlalu beraroma, sehingga menjadi pilihan yang baik karena rasa dan aroma makanan yang kuat dapat memperburuk mabuk kendaraan.

Jagalah tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik

Dehidrasi dapat memperburuk gejala mabuk kendaraan. Pastikan Anda minum banyak air sebelum dan selama berkendara dengan mobil untuk menghindari mabuk perjalanan. Air merupakan cara yang paling baik untuk menghidrasi tubuh. Namun, minuman perisa juga dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari rasa pusing atau mual: jangan ragu untuk memanjakan diri dengan minuman soda tanpa kafeina tambahan, seperti ginger ale (minuman berkarbonasi dengan ekstrak jahe).

Minuman berprotein tinggi juga telah terbukti dapat membantu mengurangi rasa mual.

Konsumsilah banyak jahe

Jahe telah terbukti membantu mengurangi mabuk kendaraan dan jenis mabuk perjalanan lainnya. Anda dapat memakan (atau meminum) jahe dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa permen lollipop jahe, permen jahe pelega tenggorokan, teh jahe, ginger ale, pil jahe, manisan jahe, dan kue kering jahe. Semua ini akan membantu menenangkan perut Anda. Pastikan bahwa camilan yang Anda pilih terbuat dari jahe yang sebenarnya—bukan perasa buatan.

Tanyakan kepada dokter apakah jahe aman untuk Anda konsumsi. Ada kemungkinan bahwa jahe dapat memengaruhi obat-obatan tertentu.

Bawalah selalu permen mint dan permen karet

Pepermin, seperti jahe, adalah obat alami untuk mengatasi mual. Permen dan permen karet mint juga membantu tubuh memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, rasa mint dapat berfungsi sebagai pengalihan pertama ketika Anda tidak dapat mengalihkan pikiran dari gejala mabuk kendaraan. Isaplah permen pepermin atau kunyahlah permen karet mint untuk membantu menenangkan perut Anda dan fokuskan perhatian Anda pada hal yang lain.


Menggunakan Perawatan Medis

Konsultasikan masalah mabuk kendaraan Anda dengan dokter. Sebagian besar masalah mabuk kendaraan dapat ditangani dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan. Namun, terkadang masalah mabuk kendaraan dapat mengganggu pekerjaan atau kehidupan Anda sehari-hari. Dalam hal ini, Anda harus bicarakan dengan dokter tentang intervensi medis yang memungkinkan, seperti obat yang diresepkan dokter maupun yang dijual bebas di pasaran.

Anda juga harus bicarakan dengan dokter jika Anda (atau anak Anda) mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala parah, kesulitan mendengar atau melihat, dan kesulitan berjalan sehabis berkendara dengan mobil. Hal ini dapat menandakan adanya masalah yang lebih serius daripada sekadar mabuk kendaraan biasa.

Kerentanan terhadap mabuk kendaraan mungkin terkait dengan usia, ras, jenis kelamin, faktor hormonal, penyakit sensori, dan migrain. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda berisiko lebih tinggi terhadap mabuk kendaraan.

Minumlah antihistamin 30-60 menit sebelum masuk ke dalam mobil. Ada obat-obatan yang dijual bebas maupun resep dokter yang efektif untuk mengatasi mabuk kendaraan. Obat-obatan ini biasanya mengandung dimenhydrinate (atau dramamine) atau meclizine. Merek obat anti mabuk perjalanan yang terkenal adalah Dramamine dan Bonine/Antivert. Beberapa obat anti mabuk ini tersedia dalam bentuk koyok dan akan sangat berguna karena kemampuannya untuk mengeluarkan efek obat secara perlahan dan dalam waktu yang lama. Obat antihistamin dapat mencegah mual yang disebabkan mabuk dengan cara menumpulkan sensor gerak telinga bagian dalam. Agar antihistamin dapat bekerja dengan baik, Anda harus meminumnya 30-60 menit sebelum memulai perjalanan dengan mobil.

Ketahui efek samping obat-obatan ini sebelum menggunakannya (terutama jika Anda akan mengemudi), dan tanyakan pada dokter Anda untuk berjaga-jaga. Antihistamin dapat membuat Anda merasa mengantuk dan memengaruhi kemampuan Anda dalam menjalankan mesin.

Mintalah resep skopolamin pada dokter. Skopolamin hanya boleh dan aman digunakan oleh orang dewasa--bukan untuk anak-anak. Obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan dipakai sebagai plester yang ditempelkan di belakang telinga. Anda harus menggunakannya 4 jam sebelum perjalanan dimulai. Meskipun efek sampingnya berat (penglihatan kabur dan mulut kering), obat ini sangat efektif dalam mengatasi mual yang disebabkan oleh mabuk kendaraan Bicarakan dengan dokter apakah obat ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda.


Tips
  • Bantulah untuk mencegah mabuk kendaraan pada anak-anak dengan menyediakan tempat duduk yang tegak agar mereka dapat memiliki pandangan yang jelas di luar mobil, dan mainkan permainan yang mendorong mereka untuk melihat ke luar. Jangan biarkan mereka menonton film di dalam mobil karena dapat memicu mabuk kendaraan.
  • Penderita migrain, wanita hamil, dan anak-anak yang berusia antara 2-12 tahun umumnya cenderung mengalami mabuk kendaraan. Pada beberapa kasus, mabuk kendaraan merupakan masalah yang bersifat sementara yang pada akhirnya akan mereda.
  • Lakukan banyak pengalihan di dalam mobil, namun pastikan agar mereka tidak diharuskan untuk membaca atau melihat layar. Sebagai gantinya, bersenang-senanglah dengan musik, buku audio, atau permainan dalam mobil yang aman yang dapat dimainkan bersama teman-teman.
  • Jagalah suhu di dalam mobil Anda tetap dingin dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Pastikan ban dan pereda guncangan mobil Anda dalam kondisi yang baik: tentu Anda ingin perjalanan Anda selancar mungkin.
  • Hentikan mobil selama perjalanan dan berjalanlah selama satu menit atau lebih. Mabuk kendaraan akan mereda setelah Anda berada di tanah yang kokoh.
  • Jika Anda sering mengalami mabuk kendaraan, siapkan kantung muntah di dalam mobil, hanya untuk berjaga-jaga jika Anda tidak dapat menghentikan mobil tepat pada waktunya.
  • Cobalah mengunyah permen karet. Gantilah permen karet tersebut dengan rasa yang lain jika permen sudah tidak berasa lagi, karena permen karet yang tidak berasa dapat memperburuk mabuk kendaraan.


Peringatan

Para dokter dulu beranggapan bahwa bepergian dengan perut kosong akan membantu meringankan mabuk kendaraan. Sekarang kita tahu bahwa hal itu tidak benar: lambung sebaiknya dalam keadaan yang sudah terisi tetapi tidak terlalu penuh atau kenyang. Memakan camilan ringan dan makanan dalam porsi kecil merupakan pilihan yang paling baik.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat medis atau obat herbal untuk mengatasi mabuk kendaraan/perjalanan. Tidak semua orang diperbolehkan mengonsumsi antihistamin, jahe, dan pepermin: selalu bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.

Adapun ramuan tradisional untuk mengatasi mabuk perjalanan, silahkan anda coba.

Ramuan 1

Sediakan : 15 g jahe, 30 g mangga kering , 1 sdm madu, 1 sdt air jeruk nipis.

Cara meramu:

Cuci bersih jahe dan mangga kering, rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 550 cc, lalu saring. Tambahkan madu dan air jerik nipis, lalu minum selagi hangat, terutama sebelum melakukan perjalanan ( juga untuk mual- mual pada wanita hamil).

Ramuan 2

Sediakan : 25 g kencur, 1 sdt jinten hitam, 6 butir kapulaga, 10 butir cengkih, 1 sdm madu.

Cara meramu :

Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring. Kemudian tambahkan madu, minum selagi hangat.

Ramuan 3

Sediakan : 30 g asam jawa, 25 g temulawak, 15 g jahe, 1 sdt ketumbar dan gula aren secukupnya.

Cara meramu :

Cucu bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring. minum selagi hangat.

Ramuan 4

Sediakan : 1 buah pala, potong- potong, 1 sdm madu.

Cara meramu :

Cuci bersih pala, lalu blender semua bahan dengan 150 cc air hangat.

Ramuan 5

Sediakan : Buah pir secukupnya.

Cuci bersih buah pir, jus hingga terkumpul sarinya sekitar 200 cc.

Minum sebelum perjalanan (juga untuk mencegah mual dan muntah pada wanita hamil).

Saya sarankan jika anda ingin mencobanya maka pilihlah salah satu saja agar bisa merasakan manfaatnya karena tujuan utama dari ramuan tersebut sama yaitu agar tidak mabuk kendaraan.


Untuk tip terakhirnya seperti biasa saya akan berikan tehnik pijat refleksi yang bisa anda coba. Langsung saja simak tipsnya.

Untuk menghindari mabuk kendaraan maka tekanlah titik- titik refleksi pada punggung kaki, punggung tangan dan telapak tangann selama kurang lebih 1-2 menit, seperti tertera pada gambar dibawah ini, perhatikan juga penjelasannya.

Titik pijat refleksi mabuk kendaraan

Pertama lakukan refleksi pada bagian punggung kaki
- Titik keseimbangan

Kedua lakukan refleks pada bagian telapak tangan
- Titik lambung

Ketiga lakukan refleksi pada bagian punggung tangan
- Titik usus besar

Nah itu dia tips terakhirnya. Mudah bukan cara melakukan refleksi tersebut. Selamat mencoba. Terima kasih telah membaca artikelnya. Sampai jumpa di tips lainnya.

No comments:

Post a Comment