Friday, September 9, 2016

TIPS SUKSES KULIAH ALIA ZAKIYAH LULUSAN UNY (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

TIPS SUKSES KULIAH ALIA ZAKIYAH LULUSAN UNY (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Kuliah hingga selesai sampai wisuda dan menyandang gelar sarjana adalah impian setiap orang. Namun terkadang banyak sekali kendala yang dihadapi mulai dari tidak ada biaya untuk kuliah sampai ada yang bisa kuliah tapi berhenti ditengah jalan dikarenakan kurangnya biaya. Hal ini bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang status sosial. Mengapa? karena yang kaya pun belum tentu ditengah perjalanannya bisa menuntut ilmu dengan lancar. Sebenarnya kuliah itu tergantung pada niat dan usaha seseorang. Jika dia yakin dan siap menghadapi resiko apapun maka dijamin orang tersebut akan berhasil. 

Hal ini telah dibuktikan oleh Mahasiswi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Wanita tersebut bernama Alia Zakiyah atau sering disapa Lia oleh teman- temannya. Usahannya yang gigih membuat wanita kelahiran Cilacap, 16 mei 1994 ini menyandang gelar Sarjana S1 Bimbingan dan Konseling. Selain itu karena usahanya yang sangat luar biasa itu, dia tercatat sebagai Wisudawan dengan waktu studi tercepat dan termuda di UNY. Dalam kerja kerasnya itu dia berhasil menyandang gelar sarjana hanya dalam waktu 3,9 tahun. Itu adalah waktu yang luar biasa untuk wanita muda seperti Alia Zakiyah. Wanita tersebut tinggal di Dusun Sinargalih RT 01/RW 02, Desa Langensari, Kec. Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Tapi siapa sangka bahwa perjuangannya untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi itu menghadapi banyak rintangan. Bagi sebagian orang pasti menganggap bahwa dirinya bisa kuliah dengan mudah dan tanpa hambatan. Semua itu tidaklah benar, karena banyak sekali rintangan yang dia harus hadapi seorang diri. Terlebih lagi ayahnya sudah tidak ada sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sehingga dia harus mandiri dalam memenuhi keinginannya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Wanita tersebut adalah salah satu siswa lulusan SMA Negeri 2 Banjar. Kepintaran dan kecerdasannya sudah ada sejak dia duduk di bangku sekolah dasar hingga masuk SMP dan SMA. Saat SMA prestasinya sangatlah mengagumkan. Dia bisa mempertahankan peringkatnya di kelas selama 3 tahun berturut- turut. Inilah yang menjadi dasar utama dia ingin melanjutkan sekolahnya ke Universitas Negeri Yogyakarta. 

Saat itu Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan bidikmisi bagi murid- murid berprestasi. Setelah mendengar kabar tersebut dia memutuskan untuk mengikuti bidikmisi tersebut. Namun bidikmisi tidaklah semudah yang kita kira. Sekalipun wanita tersebut pintar atau cerdas tetap saja harus menjalani tes terlebih dahulu untuk menentukan apakah dia layak atau tidak masuk UNY. Untuk mengikuti seleksi dia harus pergi jauh dari kotanya itu, karena seleksi akan di adakan di Purwokerto. Jarak yang sangat jauh dari kotanya itu. Namun semua itu tidak mematahkan semangatnya untuk mencapai cita- citanya itu. 

Setelah semua tes telah dia lakukan kini hanya menunggu keputusan akhirnya. Akan tetapi tidak disangka- sangka dia berhasil masuk ke UNY dan mendapatkan beasiswa prestasi untuk melanjutkan studinya itu, padahal sebelumnya dia sempat pesimis dan kehilangan rasa percaya diri. Tapi semua itu berubah setelah di mendapatkan hasil yang memuaskan itu. Ibunya pun sangat senang mendengar kabar baik dari anaknya itu. Rasa bangga, senang, terharu bercampur menjadi satu hingga meneteskan air mata. Namun ditengah kesenangannya itu ada tantangan yang harus dia hadapi saat dia memulai studinya di Universitas Yogyakarta itu. Mau tidak mau dia harus mempertahankan nilainya diatas rata- rata karena jika nilainya sampai terancam beasiswanya akan dicabut. Mendengar hal tersebut dia setengah takut karena khawatir jika beasiswanya itu sampai hilang. Beasiswa tersebut adalah kunci utamanya agar bisa melanjutkan studinya di perguruan tinggi hingga menyandang gelar sarjana. 

TIPS SUKSES KULIAH ALIA ZAKIYAH LULUSAN UNY (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

TIPS SUKSES KULIAH ALIA ZAKIYAH LULUSAN UNY (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Berkat kepercayaan yang diberikan oleh orang tuanya itu dia mulai membangkitkan semangatnya dan kepercayaan dirinya. Seiring berjalannya waktu dia pun mulai bisa menyesuaikan diri. 

Dia menyadari bahwa kelancaranya selama menjalani studi sampai wisuda semata- mata karena doa Orang tua dan kemudahan yang diberikan Allah Swt kepadanya. Semua itu bukanlah karena kepintaran dan kecerdasannya. Baginya jika Allah Swt sudah berkendak maka apapun tidak ada yang tidak mungkin. Namun dibalik semua itu tahukah anda bahwa ada sesuatu yang sangat luar biasa dimana dia bisa menjadi seperti sekarang ini. Ternyata selama bertahun- tahun saat masih SMP sampai SMA dia selalu membaca ayat suci Al- Quran. Surat yang sering dia baca setelah solat adalah Surat Al- Waqiah. Dia lakukan setiap hari sesudah shalat magrib dan shalat Sunah tahajud. Itu yang selalu dilakukannya, beristiqomah dalam membaca Al- Quran. Selain itu dia juga selalu menyempatkan diri untuk melaksanakan shalat sunah Dhuda. Kedua itu tidak pernah dia tinggalkan sampai masuk ke perguruan tinggi. Tidak heran jika Allah Swt memudahkannya dalam berbagai hal.

Kedua hal tersebut diajarkan oleh guru keagamaannya sewaktu masih SMP. Baginya Al- Waqiah dan shalat Dhuha memiliki keutamaan yang luar biasa, apalagi jika dilakukan secara terus- menerus, walaupun sebenarnya dia tidak tahu banyak tentang keutamaannya. Semua itu karena dalam dirinya hanya ada keyakinan kepada Sang Pencipta yang telah menciptakan dua keutamaan tersebut. Keyakinannya pun mulai bertambah setelah semua itu terbukti dan benar adanya.

Wanita cerdas itu pun berbagi tips suksesnya untuk siapa saja yang masih menjalani studinya di perguruan tinggi, namun tips ini tidak hanya berlaku pada orang- orang yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi saja. Melainkan tips ini dikhususkan kepada siapa saja yang sedang berusaha untuk menuntut ilmu dan semua yang sedang bekerja atau menjalani usaha. Silahkan simak tips darinya, semoga bermanfaat.

  1. Bagi anda yang sedang melanjutkan ke perguruan tinggi ingatlah selalu bahwa kuliah itu cuma satu kali, kalau pun bisa mencoba kuliah lagi untuk mendapatkan gelar S1 dari awal, tapi siapa yang mau S1 sampai dua kali? maka dari itu bersungguh- sungguhlah karena itu modal utama.
  2. Manfaatkan studi S1 dengan baik karena kuliah itu tidak bisa dianggap gampang. Ada banyak sisi mudahnya dan sisi sulitnya. Keduannya selalu saja datang untuk menguji kita saat menuntut ilmu.
  3. Harus ingat selalu bahwa belajar disaat kuliah hanyalah ujian untuk melatih skill dan keahlian kita. Karena tujuan sebenarnya saat kita berada dilingkungan masyarakat yang mana keahlian tersebut akan benar- benar diterapkan. Dia pun berkata, " Apabila ilmu yang kita pelajari tidak bisa kita kuasai, maka kita tidak akan bisa berjalan di dunia ini". Maksud dari kata- kata tersebut bukan berarti kita tidak bisa berjalan menggunakan kedua kaki kita, akan tetapi kita tidak bisa menerapkan keahlian yang selama ini dipelajari. Kenapa? karena ilmu tersebut tidak kita kuasai.
  4. Walaupun manusia tempatnya dosa diusahakan sebisa mungkin hindari yang namanya dosa terutama dosa besar. Karena itu bisa menjadi penghalang segala cita- cita yang kita impikan.
  5. Perbanyak membaca Al- Quran surat Al- Waqiah.
  6. Beristiqomah dalam melaksanakan salat Dhuha.
  7. Selain mendo'akan orang tua, maka mintalah kepadanya untuk mendo'akan kita karena Ridho Allah Swt ada padanya.
Itu dia sedikit tips dari wanita pintar, cerdas dan sukses bernama Alia Zakiyah. Semoga tips dan kisahnya dapat menjadi pelajaran untuk kita semua.  

No comments:

Post a Comment