Friday, July 29, 2016

JANGAN PENSIUN DULU SEBELUM LAKUKAN 5 HAL INI

JANGAN PENSIUN DULU SEBELUM LAKUKAN 5 HAL INI

Setiap pekerja pasti melewati masa pensiun dalam hidupnya. Namun tidak semua orang siap akan hal tersebut. Banyak orang yang terlalu sibuk bekerja hingga lupa mempersiapkan diri untuk masa pensiun. Inilah yang seringkali menjadi kekhawatiran seseorang menjelang usia pensiun.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya anda lakukan sebelum memutuskan untuk pensiun? Berikut lima hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum pensiun :

1. Mengetatkan anggaran

Akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan sumber dana penghasilan ketika masa pensiun tiba. Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk mengetatkan anggaran beberapa tahun sebelum masa pensiun tiba. Pengetatan anggaran ini juga dapat membuat Anda lebih siap akan kondisi finansial untuk menanggulangi hal mendadak yang mungkin terjadi setelah masa pensiun tiba.

2. Mengisi tabungan lebih banyak

Selain mengetatkan anggaran, persiapan lain yang juga harus Anda lakukan adalah menyisihkan pendapatan lebih banyak untuk tabungan. Hal ini dilakukan agar Anda lebih siap dengan kondisi finansial saat masa pensiun.

3. Bertemu dengan perencana keuangan

Sulit bagi beberapa orang untuk dapat mengatur keuangannya dengan baik. Satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal ini adalah dengan bertemu dengan perencana keuangan. Mereka dapat dengan lebih mudah untuk membantu Anda membuat perencanaan keuangan.

4. Renovasi rumah

Sebelum pensiun, akan lebih baik apabila Anda meluangkan waktu dan uang untuk merenovasi tempat tinggal yang Anda miliki. Perbaikan rumah memiliki biaya yang cukup mahal. Renovasi rumah sebelum masa pensiun tiba dapat membantu Anda untuk menghemat biaya perbaikan rumah di masa pensiun nanti.

5. Lunasi tagihan kendaraan

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan sebelum masa pensiun tiba adalah melunasi tagihan kendaraan. Akan lebih baik apabila kondisi finansial Anda saat pensiun terhindar dari lilitan tagihan dan hutang. Oleh karenanya, melunasi tagihan kendaraan merupakan hal tepat yang dapat Anda lakukan sebelum pensiun.

No comments:

Post a Comment