Wednesday, August 10, 2016

BISAKAH SAYA KREATIF? BISA JIKA TAHU CARANYA

BISAKAH SAYA KREATIF? BISA JIKA TAHU CARANYA

PERTANYAAN: BISAKAH SAYA KREATIF?

Kreatif, barang kali menjadi keinginan semua orang untuk kreatif tetapi apakah setiap manusia mempunyai kreatif dalam menemukan sesuatu yang baru karena pada kenyataanya sangat sedikit sekali orang yang dapat berfikir kreatif. Termasuk saya sendiri kadang sulin sekali untuk menemukan hal-yang baru. trims.

PENYEBAB MENGAPA MERASA TIDAK KREATIF

Pertama-tama, apa itu kreatif? Kreatif adalah sifat atau karakter orang yang biasa dan mampu menghasilkan ide-ide baru. Inovatif adalah kelanjutan dari kreatif, yaitu menemukan ide-ide yang bermanfaat dan bisa di terima oleh masyarakat. Jadi inovatif dan kreatif adalah satu paket, Anda tidak bisa menjadi inovatif tanpa memiliki kemampuan kreativitas.

Ada dua penyebab umum dalam masalah mengapa orang merasa tidak kreatif. Yang pertama karena dia tidak merasa kreatif, ini adalah masalah mental. Biasanya dia sudah membatasi dirinya untuk kreatif. Yang kedua kurang menguasai tekniknya. Namun yang lebih penting dari teknik ialah masalah mental.

Bangunlah Mental Kreatif


Jadi ada dua yang menyebabkan kita bisa berpikir kreatif yaitu memiliki mental kreatif dan menguasai teknik-teknik berpikir kreatif. Yang pertama Anda harus yakin, bahwa Anda bisa kreatif, sebab itu adalah hak semua orang. Jangan katakan tidak kreatif, karena jika Anda berkata tidak, maka Anda tidak akan pernah bisa mampu. Jadi katakan saya bisa. Ini sikap pertama yang harus Anda miliki.

Ada sikap yang lain?

Yang kedua adalah Anda harus terbuka dan mau menerima yang “aneh-aneh” artinya yang berada di luar jangkauan pikiran Anda. Kebanyak orang langsung menentang sesuatu yang tidak ada dalam pikirannya. Ini yang akan menghambat Anda untuk berpikir kreatif.

Ada Tekniknya Lho!

Yang kedua banyak yang menganggap bahwa kreativitas itu adalah bakat, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menghasilkan ide secara ajaib. Namun, jika diteliti, orang-orang kreatif atau para penemu ternyata melakukan serangkaian teknik tertentu untuk mendatangkan ide. Teknik-teknik itu bisa kita pelajari dan bisa kita tiru.

Ada dua teknik dalam menghasilkan ide, yaitu ituisi dan sistematis. Intuisi itu ialah bagaimana kita membiarkan pikiran bawah sada kita menangkap, mengumpulkan, dan mengelola informasi sehingga menjadi ide baru. Yang kedua ada teknik yang bisa dilakukan secara sistematis, ya dengan otak kiri. Jadi kata siapa berpikir kreatif hanya menggunakan otak kanan, sebab otak kiri pun berperan. Yang terbaik adalah gabungan otak kanan dan otak kiri, yaitu intuisi dan teknik sistematis.

Teknik intuisi juga bukanlah teknik ajaib, ini bisa kita pelajari dan bisa kita praktekan, semua orang bisa. Saya adalah orang dengan latar belakang dominan otak kiri, sebab saya suka dengan pelajaran ilmu pasti dan kuliah di jurusan teknik mesin. Tapi saya bisa mengembangkan kemampuan saya berpikir kreatif secara intutif. Anda pun bisa.

Memang diperlukan serangkaian latihan yang bisa Anda lakukan untuk membina mental atau mindset dan juga teknik-teknik untuk menghasilkan ide. Saat saya memberikan pelatihan atau workshop saya sering menyelipkan latihan kreativitas. Kebanyakan peserta tercengang dan baru sadar kalau sebenarnya dia bisa kreatif hanya saja selama ini hanya menutup diri.

Saya yakin, Anda pun bisa kreatif. Jika Anda memiliki kemauan untuk melatih diri dan membuka pikiran Anda. Insya Allah. Anda bisa mengikuti pelatihan jarak jauh tentang kreativitas disini.

BANYAK MANFAATNYA – BUKAN UNTUK SENI SAJA

Pemahaman yang banyak dipahami oleh masayarakat adalah bahwa kreativitas itu hanya untuk seniman, para pelukis, pencipta lagi, dan pembuat film. Ternyata tidak, kreativitas di perlukan oleh semua orang. Dalam dunia kerja, Anda perlu kreatif agar mampu mengatasi masalah yang ada dan menghasilkan ide-ide baru untuk bekerja lebih baik.

Dalam bidang bisnis, kreativitas diperlukan untuk menciptakan ide-ide produk baru, ide-ide pemasaran, dan ide-ide operasional untuk bisnis yang lebih baik. Juga, dalam bisnis kita akan menemukan banyak masalah dan kita dituntut agar mampu mencari ide-ide solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kreativitas akan meningkatkan kualitas hidup kita, untuk itu kita perlu memiliki kemampuan kreativitas. Belajarlah dan latihlah kreativitas Anda. Jadilah generasi yang inovatif yang tidak hanya bisa mengekor tetapi mampu menciptakan sesuatu yang memberikan manfaat untuk banyak orang.

KESIMPULAN

Jika Anda mau belajar, Anda bisa kreatif. Anda perlu membangun mental kreatif dan mempelajari serta melatih teknik-teknik kreativitas. Ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup Anda, menjadi karyawan yang memberikan kontribusi besar, dan menjadi pebisnis yang inovatif.

Jadilah kreatif dan Anda bisa!

No comments:

Post a Comment