Tuesday, August 9, 2016

ANDA BISA BENAR

ANDA BISA BENAR

Anda bisa jadi benar, semua alasan Anda adalah benar. Anda juga bisa berhasil. Tetapi Anda tidak bisa keduanya. Maksudnya, saat ini Anda pasti sudak memiliki suatu pola pikir atau mind set, sehingga Anda akan memiliki alasan untuk apa pun yang Anda lakukan dan tidak Anda lakukan. Dan alasan tersebut adalah bisa jadi benar.

Namun selama Anda menganggap bahwa alasan Anda selalu benar, Anda tidak akan meraih sukses. Saat Anda selalu mengatakan bahwa alasan Anda selalu benar, maka Anda sebenarnya sedang menutup “wadah” yang ada dalam diri Anda, sehingga tidak ada lagi yang bisa masuk lagi kepada diri Anda.

Selama Anda merasa bahwa alasan-alasan Anda selalu benar, maka kondisi Anda akan tetap seperti sekarang ini. “Wadah” Anda tidak akan bertambah karena Anda menutupnya, padahal banyak sekali hal-hal positif bisa saja masuk ke dalam “wadah” Anda, tetapi karena Anda merasa yang ada di dalam “wadah” diri Anda sudah cukup, maka tidak ada lagi yang akan masuk.

Sebagai contoh, ada seorang teman yang sedang kesulitan mencari kerja, kemudian saya sarankan dia membeli suatu buku yang menurut saya bagus dan akan membantu dia mendapatkan kerja. Dua minggu berselang, saya bertemu dengan dia, saya tidak bertanya apakah dia membeli buku tersebut atau tidak, tetapi saya tanyakan, bagaimana perkembangannya?


Dia menjawab, “buku itu kan cuma ….” Dia mengalihkan isi buku sebagai alasan bahwa dia tidak menjalankan instruksi dalam buku. Sehingga apa yang ada di dalam buku tersebut akan percuma, buku tersebut tidak akan membawa manfaat sedikit pun jika Anda tidak membuka diri untuk mendapatkan isi buku tersebut.

Jadi, jika Anda ingin sukses, bukalah “wadah” yang ada dalam diri Anda. Robert T Kiyosaki menyebutnya dengan “realitas”. Para motivator seringkali menyuruh kita untuk berpikir besar. Hanya orang berpikir besarlah yang selalu bisa menerima masukan positif dari luar. Lebih banyak mana air yang bisa ditampung oleh sebuah gelas atau sebuah drum?

No comments:

Post a Comment