Saturday, August 20, 2016

SEBAGAI PENGUSAHA ATAU KARYAWAN PENYAKIT ALERGI DAPAT MENGGANGGU PEKERJAAN

SEBAGAI PENGUSAHA ATAU KARYAWAN PENYAKIT ALERGI DAPAT MENGGANGGU PEKERJAAN

Suatu hari ada seseorang yang menjabat sebagai bos di salah satu perusahaan ternama. Saat sedang dalam kesibukannya itu tiba- tiba datang seseorang dari balik pintu. Ternyata yang datang adalah istrinya membawakan makanan untuknya. Cukup banyak juga makanan yang dibawanya, ada 2 bungkus. Makanan tersebut bukanlah makanan ringan, melainkan makanan berat dan enak dimakan jika bersamaan dengan nasi. Ternyata istrinya itu membawakan semur udang untuk suami tercintanya. Suaminya pun sangat senang karena dia sangat suka sekali dengan makanan seperti itu. Waktu sudah menunjukkan jam 12 siang dimana semua pekerja diwajibkan untuk makan siang sebelum bekerja kembali. Sang suami langsung saja menyantap makanan yang diberikan oleh istrinya itu. Istri bos perusahaan itu setia menunggu disampingnya. Namun dia tidak ingin menyantap makanan itu sendiri melainkan ingin makan bersama istrinya. Istrinya pun bersedia untuk makan bersama sang suami. Tidak terasa semur udang yang sekian banyak itu habis oleh sang suami dengan lahapnya. Sang istri sangat senang karena makanan yang dibawakannya itu tidak sia- sia dibuatnya. Maka di lain waktu sang istri memutuskan untuk membuat masakan itu kembali.

Tidak beberapa lama kurang lebih dalam waktu 15 menit bos mengalami gatal- gatal di bagian tangannya. Lalu di bagian badan, kaki, wajah dan hampir seluruh tubuhnya. Lambat laun semua kulitnya memerah seperti bekas pukulan atau tamparan. Bos mengalami kesakitan karena bagian tubuhnya dia garuk berulang kali sehingga mengalami iritasi di beberapa bagian tubuhnya. Dia kebingungan karena masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan. Istrinya pun langsung memanggil dokter untuk datang ke kantor suaminya.

Jika kita analisis sakit apa yang diderita oleh bos perusahaan tersebut tentu saja sulit untuk kita deskripsikan. Apabila dari makanan tersebut ada racun atau bakteri seharusnya sang istri juga akan menderita penyakit yang sama dengan suaminya itu. Tapi anehnya tidak sama sekali, hanya suaminya saja yang menderita sakit tersebut. Lalu apa yang diderita olehnya sehingga seluruh bagian organ tubuhnya mengalami gatal- gatal. Selain itu mata bos mengalami pembengkakan di bagian atas dan bawahnya sehingga matanya memerah dan mengeluarkan banyak air seperti orang yang sedang menangis. Efek lainnya dirasakan juga dibeberapa bagian persendiannya terasa sakit, bengkak dan kemerahanan, tidak tahu mengapa? mungkin karena akibat dari bagian tubuh yang gatal digaruk olehnya berulang kali hingga mengalami iritasi.


Lama kelamaan semua kulitnya menjadi memerah disertai bintik- bintik kecil seperti digigit oleh nyamuk. Apakah itu malaria atau demam berdarah? tentu saja bukan karena jika bos digigit oleh nyamuk malaria dimalam hari saat itu juga bakteri malaria akan menyebar diseluruh tubuhnya sehingga dalam hitungan jam tubuhnya akan mengalami gejala- gejala malaria. Sedangkan bos sebelumnya mengalami kesehatan yang teramat baik dan mendapat sakit tersebut setelah beberapa menit memakan makanan yang dibawa oleh istrinya itu.

Beberapa  jam kemudian lambungnya mulai tidak enak seperti ada reaksi yang bekerja di dalamnya. Seketika itu juga bos berak- berak berulang kali dan bolak- balik masuk WC untuk buang air besar. Mungkin makanan yang dia makan mulai bereaksi di dalam lambungnya itu sehingga menyebabkan diare. Karena bos mengalami diare juga maka tubuhnya semakin lemas dan menjadi pusing. 

Setelah bos di baringkan di kamar rumahnya dia mengalami bersin- bersin berulang kali seperti penderita flu. Serta banyak mengeluarkan lendir dari hidungnya itu dan karena efek tersebut terjadilah penyumbatan di bagian saluran pernafasan sehingga nafasnya terasa sesak. Sulit untuk bernafas seperti sebelumnya.

Baik, jika kita perhatikan dari beberapa gejala yang dialami oleh bos maka dapat kita rangkum menjadi beberapa poin diantaranya:

Ini dia gelaja yang dialami oleh bos karena penyakit tersebut

- Mata Merah, bengkak dan berair.
- Persendian terasa sakit, kemerahan dan bengkak.
- Kulit menjadi berbercak merah yang disertai dengan rasa gatal.
- Lambung menjadi lebih aktif sehingga menyebabkan diare, dan gangguan pencernaan.
- Hidung mengeluarkan banyak lendir dan bersin, sesak nafas.

Jelas bukan beberapa gejala yang dialami oleh bos setelah memakan makanan tersebut. Setelah di analisa bos terkena Alergi makanan. Apa itu alergi makanan? anda semua pasti tahu apa yang dinamakan dengan alergi makanan. Untuk lebih jelasnya saya akan mengulas sedikit tentang alergi itu sendiri.

Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Salah satu reaksi alergi yang muncul bisa berupa rasa gatal dan ruam pada kulit.

Berdasarkan zat pemicu dan jangka waktu munculnya gejala, alergi makanan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu immunoglobulin E, non-immunoglobulin E, dan gabungan keduanya.

Immunoglobulin E merupakan salah satu zat antibodi yang ada di dalam sistem kekebalan tubuh kita. Alergi makanan yang dipicu oleh produksi zat ini merupakan jenis alergi makanan yang paling umum terjadi dan gejalanya biasa akan muncul tidak lama setelah penderita makan.

Sedangkan untuk alergi makan yang dipicu oleh zat-zat antibodi selain immunoglobulin E, rentang waktu munculnya gejala akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau biasanya berjam-jam setelah penderita makan.

Jenis alergi makanan yang terakhir adalah kombinasi dari immunoglobulin E dan non-immunoglobulin E. Orang yang menderita kondisi ini akan merasakan gejala-gejala dari kedua jenis alergi makanan tersebut.

Berikut penjelasan sedikit tentang gelaja yang ditimbulkan oleh alergi itu sendiri.

Gejala Alergi Makanan
Penderita alergi makanan yang dipicu zat immunoglobulin E, biasanya akan mengalami gejala berupa ruam merah dan gatal di kulit, sensasi kesemutan atau gatal di dalam rongga mulut, sulit menelan, dan pembengkakan pada mulut, wajah, serta bagian tubuh lainnya. Tekstur ruam pada alergi ini biasanya tampak timbul pada permukaan kulit.

Selain gejala-gejala tersebut, penderita alergi makanan jenis ini ada juga yang mengalami gejala mual dan muntah, mata terasa gatal, bersin-bersin, pening atau pusing, diare, sakit perut, serta sesak napas.

Pada kasus alergi makanan non–immunoglobulin E, gejala utama yang timbul sebenarnya hampir sama dengan gejala pada alergi makanan yang diperantarai oleh zat immunogbulin E, yaitu munculnya rasa gatal dan ruam di kulit. Namun bedanya, tekstur ruam pada jenis alergi ini tidak tampak timbul. Selain itu ada yang mengalami gejala seperti penyakit eksim atopik, yaitu ketika kulit tampak kering dan pecah-pecah, berwarna merah, serta terasa gatal.

Kadang-kadang alergi makanan non–immunoglobulin E dapat memunculkan gejala-gejala yang sama seperti yang disebabkan oleh kondisi lainnya. Ini berarti bisa sulit membedakan penyebab gejala dan bisa dianggap bukan sebagai reaksi alergi. Gejala-gejala tersebut di antaranya:

- Area kelamin dan anus tampak berwarna kemerahan.
- Gangguan pencernaan.
- Sembelit.
- Nyeri ulu hati.
- Frekuensi buang air besar meningkat.
- Adanya lendir atau darah pada kotoran.
- Kulit pucat.
- Rewel pada bayi.

Jangan sepelekan alergi makanan karena pada kasus tertentu bisa mengarah kepada suatu kondisi yang disebut anafilaksis atau reaksi alergi parah. Gejala awal anafilaksis memang terlihat seperti gejala alergi makanan biasa, namun dalam waktu yang sangat cepat, gejala dapat memburuk dan penderitanya bisa mengalami peningkatan detak jantung yang sangat cepat, sulit bernapas, penurunan tekanan darah yang sangat drastis, dan pingsan. Jika tidak segera ditangani dengan baik, anafilaksis bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jelas bukan gejala yang dialami oleh bos sama dengan beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita sakit tersebut. Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa bos benar- benar mengalami sakit Alergi lebih tepatnya adalah Alergi makanan.

Adapun beberapa macam alergi yang perlu kita ketahui untuk menambah ilmu dan wawasan kita, terutama agar kita selalu menjaga kesehatan kita. Ingin tahu apa saja silahkan simak beberapa macam alergi yang dihasilkan dari beberapa analisa.

  • Alergi Seafood, jenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang disekitar kita seperti udang dan makanan lautnya yang dapat menyebabkan alergi yang parah.
  • Alergi Dingin, tubuh mengalami reaksi berlebih terhadap udara dingin dalam beberapa kasus terjadi rasa kedinginan tanpa disertai perubahan fisik pada tubuh.
  • Alergi susu sapi, susu sapi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi.Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan bayi.
  • Alergi Debu, penderita alergi debu akan sangat rentan terhadap debu yang umum dijumpai dirumah atau diluar rumah apalagi ketika bersin-bersin.Namun sebetulnya yang harus diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab debu.
  • Alergi obat-obatan, alergi obat meruapakan reaksi yang diberikan tubuh secara berlebihan meskipun sebelumnya tidak pernah mengalami alergi tersebut. 

Nah, itu dia beberapa macam alergi berdasarkan dari mana dia bisa terkena penyakit tersebut. Dari situ sudah terlihat ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya Alergi baik dari makanan maupun kondisi cuaca atau kondisi ruangan.

Sebenarnya jika kita bertanya makanan apa saja yang bisa menyebabkan alergi? jawabannya adalah semua jenis makanan. Mengapa? ya, semua jenis makanan bisa berpotensi menyebabkan alergi dan semua itu tergantung pada kondisi tubuh kita. Namun ada beberapa jenis makanan tertentu yang sangat umum sering menyebabkan alergi itu terjadi. Ingin tahu apa saja makanan itu, inilah beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi, yaitu udang, lobster, kepiting, ikan, dan kacang- kacangan. Itulah beberapa makanan yang sering menimbulkan alergi pada kalangan masyarakat baik anak- anak, remaja maupun dewasa.

Ada sedikit kutipan kecil tentang kacang- kacangan. Alergi akibat kacang- kacangan ini hanya sering terjadi dan dialami oleh kalangan anak- anak. Selain itu kacang- kacangan adapun beberapa makanan dan minuman yang dapat menimbulkan alergi pada anak- anak diantaranya adalah susu, telur, gandum dan kedelai. Adapun gejala yang ditimbulkan dari susu yang dikonsumsi oleh anak- anak biasanya mengalami pembengkakan dan sembelit. 

Saya juga akan mengupas sedikit penyebab alergi secara umum yang pernah di alami oleh manusia walaupun yang sering terjadi di kalangan masyarakat hanya alergi yang disebabkan oleh bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik (terutama wewangian). Namun untuk menambah wawasan dan ilmu lagi mari kita simak sedikit apa saja penyebab alergi secara umum yang pernah terjadi di kalangan masyarakat.

1. Keturunan Secara Genetis

Suatu penyakit maupun kelainan adalah hal yang paling bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Dalam kasus alergi ini, anak bukan memiliki gangguan alergi sejak lahir. Namun ia ‘berbakat’ atau ‘sangat rentan’ untuk alergi suatu hal tertentu yang sifatnya mirip atau sama dengan orang tua.

2. Karena Perubahan Metal Perhiasan

Menurut penelitian di Klinik Mayo, adanya perubahan metal pada logam perhiasan mampu memicu terjadinya alergi. Dapat mengidentifikasi sendiri bahwa hal tersebut adalah alergi karena munculnya ruam di bagian kulit yang biasanya tertutupi perhiasan.

Zat yang menyebabkan alergi ini disebut nikel. Selain dicampurkan pada perhiasan, zat ini juga merupakan komposisi gasper (penjepit) dan kancing pakaian.

3. Parfum

Parfum tertentu yang mengandung zat balsam peru (Myroxylon pereirae) mampu memicu adanya alergi. Bahan ini ada pada getah potoh. Menurut penelitian yang dilaksanakan di klinik Mayo, dari 1500 pasien, allergen getah pohon paling berpengaruh ini menduduki posisi nomor 3.

Biasanya ditandai dengan ruam yang memerah. Terjadinya hal ini menjadi indikasi bahwa kulit mengalami infeksi. Sebaiknya penggunaan parfum tersebut dihentikan sebelum semakin parah.

4. Bahan Antiseptic

Kandungan antiseptic juga memicu terjadinya alergi pada kulit. Zat tersebut dikenal dengan nama thimerosal. Salah satu senyawa merkuri yang banyak digunakan sebagai pengawet baik pada antiseptic dan vaksin.

5. Kandungan pada Antibiotic

Antibiotic topical biasanya digunakan untuk mengatasi pertolongan pertama pada kecelakaan. Jenis yang dipakai berupa salep dan krim. Namun kadang kala, adanya zat  Neomycin sulfate yang digunakan malah menimbulkan masalah baru. Beberapa orang mengalami iritasi ketika kulitnya bersinggungan dengan zat ini. Jika jenis kulit anda sensitive, maka disarankan untuk tidak menggunakanya.

6. Wangi Makanan

Aroma pada makanan juga meningkatkan resiko terjadinya alergi. Bentuknya dalam fragrance mix. Selain dalam makanan, juga dapat menemukanya dalam kosmetik, antiseptic, sabun, dan beberapa produk yang berhubungan langsung dengan masalah gigi serta mulut.

7. Pengawet Cat dan Kertas

Selain pengawet pada makanan, zat yang digunakan untuk mengawetkan kertas dan cat juga berpotensi meningkatkan resiko alergi. Hal ini disebabkan adanya kandungan formaldehida, salah satu zat kimia yang sifatnya keras. Bahkan ketika anda secara tidak sengaja terkena cairan pada kulit, langsung bereaksi gatal-gatal sampai memerah. Zat ini banyak ditemukan pada obat-obatan, pembersih rumah tangga serta beberapa produk yang menggunakan bahan dasar kain.

8. Logam pada Pewarna Rambut

Banyak wanita yang gemar berganti cat pada rambutnya sangat rentan terkena alergi kulit. Sebab kandungan logam yang ada dalam pigmen mengandung Cobalt chloride. Zat inilah yang menyebabkan kulit anda mudah teriritasi.

9. Antibiotik untuk Penyembuh Luka

Jenis antibiotic topical yang digunakan sebagai obat luka misal terbakar dan terkena sayatan juga beresiko alergi. Kandungan zat bacitracin inilah yang meningkatkan resiko alergi. Karena berbagai macam antibiotik ini, pasien perlu tahu jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya agar tidak salah mengkonsumsi antibiotik. Namun tidak juga mengkonsumsi antibiotik secara terus menerus, sebeb dapat menimbukan efek samping antibiotik jika dalam jangka waktu yang panjang.

10. Pengawet pada Shampoo

Selain produk kosmetik, adanya pengawet pada shampoo juga beresiko meningkatkan alergi. Hal ini disebabkan adanya zat Quaternium 15 dalam bentuk pengawet agar produk tersebut tahan lama dan tidak rusak nutrisinya dalam kemasan. Bukan hanya pada shampoo, namun pada pengawet cat kuku, tabir surya, serta beberapa produk lilin dan cat juga menggunakanya.

11. Memakan Seafood

Banyak orang yang mengaku gatal-gatal ketika mengonsumsi seafood. Ada dua alasan mengapa hal ini terjadi. Yakni orang tersebut memang alergi pada seafood, seperti tidak tahan pada kondisi amis dan asin. Ada juga karena senyawa pada seafood yang meningkatkan resiko alergi.

12. Kutu Debu

Merupakan debu rumahan yang sudah tercampur dengan debu dari serat kain, hewan yang kulitnya sudah mengelupas, jamur, spora, bakteri,bahan mentah makanan, kulit tanaman mati dan cendawan. Biasanya letaknya dibawah bantal guling atau di kasur. Meski tidak semua orang mengalami alergi ini, namun untuk kulit yang sangat sensitive pengaruhnya sampai 90% merusak kulit

13. Sari Bunga dan Pohon

Akan ketahuan ketika seseorang mau memotong bunga atau pohon. Salah satu zat allergen yang mempengaruhi orang-orang sampai 70%. Untuk menguranginya dengan menggunakan masker saat hendak memotong rumput.

14. Hewan Peliharaan

Reaksi alergi juga muncul pada hewan peliharaan. Biasanya anak sudah mengalami kelainan atau penyakit asma. Mereka juga alergi pada protein kulit hewan dan air seninya.

15. Jamur

Ini dijumpai dalam bentuk spora yang meleyang-layang diudaara. Karena ukuranya yang mikroskopis, anda kadang tidak menyadari bahwa penyebab alergi anda adalah jamur ini.

Itulah beberapa penyebab secara umum yang pernah terjadi. Ada begitu banyak alergi yang dialami oleh manusia. Namun semua itu beberapa persen saja terjadi dan bisa terjadi hanya beberapa orang saja yang berada dalam kondisi dan situasi tersebut. 

Penyakit seperti itu tidak boleh dibiarkan agar tidak mengganggu aktifitas kita saat bekerja atau beraktifitas yang lainnya. Akan saya beri beberapa tips cara mengatasi penyakit tersebut silahkan perhatikan baik- baik.

Pertama temukan dulu penyebabnya
Untuk mengatasi alergi, hal yang paling utama dilakukan adalah cari tahu penyebab alergi tersebut. Jika anda mengalami alergi pada zat formaldehida, maka besok ketika membeli obat jangan yang memiliki komposisi formaldehida. Begitu pun semuanya.

Kedua konsumsi makanan yang mengandung magnesium
Salah satu fungsinya yakni sebagai manipulasi susbstansi polyphosphate seperti ATP. Hal ini sangat baik untuk memanipulasi hal yang membuat kita alergi menjadi terkurangi efek alerginya.

Makanan yang mengandung zat ini adalah almond, alpukat, bayam, rempah-rempah, kopi,kacang tanah dan soba.

Ketiga konsumsi makanan yang mengandung beta karoten
Si manis wortel ternyata juga memiliki kelebihan untuk mengatasi alergi. kandunganya mampu meningkatkan sistem imunnitas. selain itu juga membantu memperbaiki sistem pernafasan, serta merupakan antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas. beberapa makanan yang mengandung beta karoten adalah papaya, mangga, dan bayam.

Jelas bukan dari ketiga tips tersebut. Itu cara yang dapat membantu anda dalam mengatasi alergi. Silahkan bagi anda yang mengalami alergi bisa mencobanya agar penyakit itu hilang dan anda bisa beraktifitas kembali seperti biasa. Akan tetapi ada satu tips lagi yang akan saya jelaskan tentang bagaimana mengobati Alergi yaitu dengan pijat refleksi karena cara ini juga termasuk paling efektif dalam penyembuhan. Anda bisa mencobanya juga silahkan simak kembali tipsnya baik- baik.

titik pijat refleksi alergi

Perhatikan gambar di atas dan saya akan jelaskan bagaimana caranya. Untuk menyembuhkan penyakit alergi, maka tekanlah titik- titik refleks di kaki, selama kurang lebih 1-3 menit.

Pertama refleks pada bagian punggung kaki

- Titik pada benjolan arah ibu jari kaki
- Titik pada punggung kaki lurus dengan kaki jentik

Kedua refleks pada telapak kaki

- Dua titik pada ibu jari kaki
- Titik pada tepi bagian dalam telapak kaki
- Titik lurus dari jari telunjuk kaki membelok ke tepi agak ke bawah
- Titik pada tumit kaki kanan

Demikian tips singkatnya dari saya. Pengobatan tersebut adalah pengobatan dengan cara alami menggunakan titik refleksi tubuh. Bagi anda pengusaha, karyawan, pedagang, atlit olahraga atau siapa pun yang sedang sibuk berkerja dan beraktifitas, apabila mengalami hal seperti bos perusahaan tersebut bisa langsung mencoba tips dari saya sebagai pertolongan pertama. Hanya sedikit tips yang bisa saya berikan. 

Terima kasih sudah membaca artikelnya, di lain waktu saya akan berbagi tips lainnya lagi.
sampai jumpa...

No comments:

Post a Comment