Friday, August 26, 2016

KENALI HIDUNG BERDARAH UNTUK PARA PEKERJA DAN PENGUSAHA

KENALI HIDUNG BERDARAH UNTUK PARA PEKERJA DAN PENGUSAHA

Ada seorang karyawan wanita yang bekerja sebagai pramuniaga di toko indomart. Teman- temannya mengenal dirinya sebagai seorang pekerja wanita yang tekun, gigih dan teliti. Apapun yang dia kerjakan selalu saja berjalan dengan lancar. Selain itu wanita tersebut sampai dijuluki wanita terkuat oleh teman- temannya. Kuat disini bukanlah kuat perkasa seperti pekerja bangunan, petani di ladang dan lainnya. Tapi lebih ke tidak pernah sakit sama sekali, mungkin karena dia selalu menjaga kesehatannya demi kelancaran pekerjaannya itu. Tidak hanya di tempat dia bekerja, melainkan di tempat dia tinggal pun orang- orang jarang sekali melihat karyawan toko itu sakit. Sungguh hebat, jarang sekali di masa kini seorang wanita yang sangat menjaga kesehatannya seperti karyawan toko tersebut. 

Hingga suatu saat teman- temannya bertanya padanya bagaimana menjaga kesehatan secara optimal. Lalu dia menceritakan sedikit apa yang dia lakukan setiap harinya sehingga kesehatannya terjaga dengan baik. Dari ceritannya itu secara tidak langsung dia sudah memberikan tips sehat sekaligus motivasi agar semua karyawan juga bisa menjaga kesehatannya. Semenjak itulah semua karyawan mulai meniru apa yang dilakukan oleh karyawan tersebut. Sungguh luar biasa hal kecil yang tadinya sama sekali tidak diperhatikan kini telah menyebar luas kepada semua orang. Semua berbondong- bondong untuk memperoleh kesehatan yang bisa bermanfaat di masa sekarang maupun kelak nanti di masa tua.

Beberapa minggu berlalu, ada sebuah kejadian yang membuat geger para karyawan lainnya. Pada saat itu wanita yang dikenal sebagai wanita kuat ini sedang mengecek barang- barang yang baru saja diturunkan dari sebuah mobil untuk dimasukkan ke gudang toko. Dengan semangat dia menghitung jumlah barang yang dia terima. Namun apa yang terjadi? tiba- tiba keluar darah dari lubah hidungnya itu. Awalnya dia merasakan hal yang teramat aneh, seperti ada cairan dingin yang berbeda. Melainkan cairan tersebut tidak seperti lendir yang keluar pada penderita sakit flu. Lalu dia coba memegang bagian hidungnya itu dan ternyata ada darah yang keluar. Lambat laun darah yang keluar semakin banyak. Sampai- sampai wanita itu tidak bisa menahannya lagi. Lalu dia berlari menuju toilet untuk membersihkan hidungnya dari darah yang bercucuran. Ada sekitar 15 menit dia berdiam diri di toilet sampai darah yang bercucuran dari hidungnya itu berhenti. Saat berhenti dia memutuskan untuk izin pulang. Mukannya setengah pucat dan lemas karena darah yang dikeluarkan sangat banyak. 


Dalam hati teman- temannya bertanya-tanya mengapa ini bisa terjadi? bukankah dia wanita yang jarang sekali sakit? akan tetapi mengapa keluar darah yang begitu banyak dari hidungnya itu. 

Sesampainya di rumah wanita itu pergi ke dokter untuk diperiksa karena khawatir ada penyakit yang bersarang ditubuhnya itu. Setelah di diagnosa oleh dokter sampai di tes darah juga hasilnya sangat menakjubkan. Dokter berkata tidak ada penyakit sama sekali dan itu adalah mimisan biasa. Menurut dokter itu adalah darah kotor yang dikeluarkan oleh tubuhnya karena terlalu berlebihan berada di dalam tubuhnya itu. Wanita itu kaget karena baru pertama kali mengalami hal tersebut. Dia juga menceritakan hal demikian kepada sang dokter. Lalu dokter menambahkan sedikit penjelasan lagi, bahwa hal tersebut wajar karena dia belum pernah sama sekali mengalami mimisan maka dari itu darah yang dikeluarkan sangatlah banyak. Dokter pun berkata setelah mengalami hal tersebut dia akan terasa enak, tubuhnya terasa ringan dan jarang mengalami sakit kepala. Mendengar penjelasan dokter, wanita tersebut sangat senang sekali. Lalu dia pun mulai menjelaskan semua itu kepada teman- temannya agar tidak merasa khawatir padanya.

Dari cerita tersebut ada sebuah ilmu yang menarik dan dapat kita pelajari bersama. Ilmu yang paling menarik dan bermanfaat itu adalah soal mimisan yang berkaitan dengan kesehatan. Semua orang pasti ingin sekali sehat. Selain menunjang kelancaran sebuah pekerjaan yang kita lakukan setiap hari. Sehat juga sangat di butuhkan dimasa mendatang kelak saat kita berada di masa tua.

Perlu kita ketahui bahwa setiap orang pasti bisa mengalami yang namanya mimisan. Apalagi orang tersebut belum pernah mengalaminya seumur hidupnya. Maka bisa saja dia akan mengalaminya di usia remaja atau dewasa dan itu wajar saja. Tidak ada efek apapun yang ditimbulkan oleh mimisan. Yang ada bagi orang yang mengalami mimisan tubuhnya akan terasa ringan dan enak serta segar. Istimewanya lagi kepalanya tidak akan mudah terkena sakit atau pusing.

Akan saya jelaskan sedikit apa itu mimisan agar lebih mudah difahami. Mimisan bisa disebut juga dengan hidung berdarah. Hidung berdarah menurut Kedokteran disebut epistaksis atau dalam bahasa Inggris adalah epistaxis, bisa juga disebut mimisan. Mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. 

Selain itu ada dua tipe pendarahan pada hidung yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah :

Tipe anterior (bagian depan). Merupakan tipe yang biasa terjadi.
Tipe posterior (bagian belakang)

Mari kita bahas keduanya secara merinci agar lebih faham dan bisa membedakan diantara kedua tipe tersebut.

Pertama adalah Mimisan Anterior

Mimisan anterior merupakan salah satu jenis pendarahan pada hidung yang berasal dari nasal septum di bagian bawah. Nasal septum merupakan dinding pemisah antara rongga hidung kiri dan kanan. Di dalam bagian hidung ini mempunyai banyak pembuluh darah halus dan yang bisa menerima darah dari arteri karotis, dua arteri yang uatama yang terdapat di leher yang bisa memasok darah menuju ke kepala dan leher. Sedikit ketukan atau terjadinya benturan akan menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah dan bisa mengeluarkan darah. Jenis hidung berdarah ini bisa dengan mudah diobati dan biasanya lebih sering terjadi pada anak- anak.

Kedua adalah Mimisan Posterior

Mimisan atau hidung berdarah posterior yang terjadi akibat dari adanya suatu pendarahan yang sumbernya berasal dari bagian yang letaknya jauh berada dibelakang dan juga bagian hidung yang lebih tinggi, tempat cabang arteri yang bisa memasok darah ke hidung. Dan untuk itulah pendarahan jenis mimisan ini biasanya akan menjadi lebih berat. Pada kasus mimisan posterior biasanya akan menjadi semakin lebih parah dan bisa terjadi lebih serius dibandingkan kasus anterior dan membutuhkan perawatan medis yang lebih serius. Biasanya jenis mimisan seperti ini lebih sering terjadi pada orang dewasa.

Berkaitan dengan beberapa tipe mimisan di atas yang baru saja saya jelaskan. Kini saya akan memberi penjelasan tambahan mengenai mimisan posterior itu sendiri. Mimisan posterior yang terjadi pada orang dewasa biasanya diakibatkan karena :

1. Tekanan darah tinggi
2. Operasi pada bagian nasal hidung
3. Kurang mengonsumsi kalsium
4. Paparan akibat zak kimia yang bisa membuat iritasi dibagian membran dalam hidung
5. Mimisan bisa saja menjadi salah satu gejala adanya suatu penyakit lain misalnya adalah gejala penyakit leukemia dan juga penyakit tumor

Maka dari itu dapat disimpulkan dari kedua tipe mimisan diatas. Ada satu tipe mimisan yang perlu kita waspadai yaitu mimisan posterior. Kenali jenis mimisan posterior dengan memahami gejala- gejala yang ditimbulkannya. Hal ini adalah yang terpenting dari semua jenis mimisan yang biasa terjadi. Karena mimisan jenis posterior ini adalah suatu tanda bahwa ada penyakit berat yang bersarang ditubuh kita sehingga perlu kita obati secara serius, baik pengobatan dokter maupun herbal. Alangkah baiknya jika anda menemukan gejala posterior seperti yang baru saja saya sebutkan diatas, segeralah pergi ke dokter atau rumah sakit untuk di diagnosa kembali. Sehingga jelas mimisan tersebut akibat dari penyakit atau mimisan biasa. Secara kasat mata antara mimisan anterior dan posterior hampirlah sama. Namun keduannya itu pasti ada sebab utama yang mendasari munculnya mimisan tersebut.

Adapun beberapa gejala mimisan yang perlu di waspadai oleh kita semua. Coba anda perhatikan penjelasan dari saya ini.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati karena mimisan mungkin saja mengindikasikan adanya penyakit-penyakit tertentu. Beberapa gejala yang sebaiknya diwaspadai meliputi:

- Mimisan yang berlangsung lebih dari 30 menit. Jika mengalaminya, Anda sebaiknya segera ke rumah sakit.
- Mimisan dengan volume darah yang banyak.
- Sering mimisan, misalnya lebih dari sekali dalam seminggu.
- Detak jantung yang tidak beraturan.
- Kesulitan bernapas.
- Muntah darah karena menelan banyak darah.
- Mimisan yang terjadi setelah Anda mengalami cedera.
- Kulit berubah pucat.
- Mimisan disertai pendarahan dari bagian lain tubuh, misalnya gusi.

Nah itu dia beberapa gejala yang perlu anda waspadai juga. Demi menjaga kesehatan maka jadikanlah gejala- gejala diatas sebagai patokan kita untuk mengidentifikasi mimisan yang biasa terjadi pada anak- anak, remaja maupun dewasa.

Setelah kita membahas sedikit tentang gejala- gejala yang timbul karena mimisan. Sekarang kita beralih ke masalah yang paling ditunggu- tunggu yaitu penyebab mimisan. Ada banyak penyebab mimisan, namun kali ini saya akan jelaskan penyebab mimisan secara umum terlebih dahulu. Secara umum mimisan dibagi menjadi 2 yaitu Lokal dan Sistemik. Mari saya jelaskan kedua penyebab tersebut.

Lokal

Penyebab lokal terutama trauma, sering karena kecelakaan lalulintas, olah raga, (seperti karena pukulan pada hidung)yang disertai patah tulang hidung(seperti pada gambar di halaman ini),mengorek hidung yang terlalu keras sehingga luka pada mukosa hidung, adanya tumor di hidung, ada benda asing (sesuatu yang masuk ke hidung) biasanya pada anak-anak, atau lintah yang masuk ke hidung, dan infeksi atau peradangan hidung dan sinus (rinitis dan sinusitis)

Sistemik

Penyebab sistemik artinya penyakit yang tidak hanya terbatas pada hidung, yang sering meyebabkan mimisan adalah hipertensi, infeksi sistemik seperti penyakit demam berdarah, demam kuning, atau cikunguya, kelainan darah seperti hemofilia, autoimun trombositipenic purpura, dan leukemia.

Selain itu mimisan juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Faktor pemicunya dapat berupa penggunaan obat-obatan, keturunan, hingga penyakit. Beberapa di antaranya adalah:


  • Proses buang ingus yang terlalu kencang.
  • Tidak sengaja melukai dinding hidung saat mengorek hidung.
  • Udara yang kering dan dingin. Lapisan dalam hidung yang kering menjadikannya lebih rentan terluka dan terinfeksi.
  • Bentuk hidung yang bengkok, misalnya karena keturunan atau cedera.
  • Sinusitis akut atau kronis.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya aspirin, antikoagulan, atau obat pelega hidung yang berlebihan.
  • Iritasi akibat senyawa kimia, misalnya amonia.
  • Penggunaan obat-obatan terlarang, seperti menghirup kokain.
  • Operasi hidung.
  • Tumor pada rongga hidung.
  • Kelainan pada kemampuan pembekuan darah, misalnya hemofilia.
  • Konsumsi alkohol.
Dari beberapa penyebab mimisan diatas maka sudah tentu bahwa banyak sekali pemicu atau penyebab mimisan tersebut. Sekarang akan saya berikan lagi apa saja penyebab mimisan yang pernah dialami oleh penderitanya. Penyebab kali ini ada sekitar 16 penyebab, silahkan perhatikan baik- baik agar menambah wawasan dan ilmu kita.


Proses Membuang Ingus yang Terlalu Kencang

Cuaca atau kondisi badan yang sedang drop akan bisa menyebabkan flu serta menyebabkan tidak enak badan. Flu akan menyebabkan gangguan kesehatan pada bagian pernapasan yaitu di rongga hidung. Hal akan mengeluarkan gejala bersin dan ingusan. Ingus yang ada di dalam rongga hidung akan membuat anda risih sehingga ingin membuangnya dari hidung. Ketika membuang ingus dari hidung seseorang sering dengan cara yang terlalu keras sehingga dapat menyebabkan pendarahan pada hidung.

Luka Hidung

Kebanyakan orang sudah terbiasa dengan kebiasaan mengorek hidung atau istilah yang lebih mudah dikenali yaitu mengupil. Mengupil merupakan proses pencarian kotoran yang ada didalam hidung yang sudah mengering karena merasa risih dengan keberadaan kotoran tersebut. Saat proses mengorek hidung terlalu dalam dan keras maka dapat menyebabkan dinding bagian dalam hidung terluka sehingga dapat menyebabkan pendarahan pada hidung. Maka hati-hatilah saat anda mengorek hidung, jangan sampai terlalu keras atau jangan sampai mengenai bagian dinding hidung dalam yang mudah terluka.

Perubahan Tekanan Udara

Tekanan udara yang berubah menjadi terlalu panas atau terlalu dingin maka akan mempengaruhi kesehatan hidung. Hal ini dapat menyebabakan pecahnya pembuluh darah terutama pada bagian hidung sehingga akan menyebabkan pendarahan pada bagian hidung. Perubahan cuaca ini lebih sering terjadi pada saat umroh atau haji, ketika hidung kita terbiasa dengan kondisi udara yang lembab dan tropis di Indonesia maka di Arab Saudi udaranya lebih kering dan panas.

Maka untuk mencegah terjadinya pendarahan pada hidung bisa menggunakan masker penutup hidung yang lembab dengan dibasahi air sehingga akan membantu hidung menghirup udara yang tidak begitu kering karena air pada masker akan membantu melembabkan udara yang hendak dihirup.

Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitas merupakan termasuk penyakit tergolong berbahaya. Penyakit ini bisa menggerogoti anggota badan anda sehingga semakin hilang dan menyusut. Penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala pendarahan pada hidung seperti mimisan tetapi hal ini terjadi sebenarnya karena akibat dari adanya penyakit sinus tersebut.

Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Obat-obatan tentunya mengandung banyak bahan kimia baik yang aman untuk kesehatan ataupun yang berbahaya untuk kesehatan. Kandungan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan inilah yang dapat menyebabkan pendarahan pada hidung. Beberapa jenis obat-obatan yang dapat berpotensi untuk menyebabkan penderahan yaitu seperti aspirin, antikoagulan serta inhaler yang digunakan secara berlebihan. Maka ketika akan menggunakan obat-obatan bacalah aturan pakai serta efek samping sebelum mengkonsumsinya.

Alergi

Tiap orang memiliki tingkat sensitif terhadap suatu hal yang berbeda. Alergi bisa jadi akibat tingkat sensitif seseorang terhadap suatu hal misalnya polusi atau udara. Udara yang kotor atau polusi bisa menyebabkan alergi yang masuk ketubuh melalui hidung secara tidak sengaja. Polusi atau udara kotor tersebut dapat menyebabkan hidung mengalami pendarahan. Beberapa polusi atau udara kotor yang dapat menyebabkan alergi yaitu seperti debu, pasir, asap kendaraan bermotor, asap rokok, bau yang menyengat, kapuk atau bulu.

Iritasi

Hal lain yang bisa menimbulkan bahaya pendarahan pada hidung yaitu iritasi. Iritasipada hidung dapat terjadi pada bagian depan dinding rongga hidung karena rongga hidung mengalami gatal dan pendarahan karena senyawa kimia atau bahan kimia yang terhirup oleh hidung tanpa disengaja. Untuk itu andawajib menjaga kondisi kesehatan hidung anda dan menggunakan masker jika anda berada diantara banyak senyawa atau zat kimia dan sebisa mungkin untuk bisa menghindari peralatan yang dapat menghasilkan atau menimbulkan senyawa kimia bisa terhirup oleh rongga hidung kita.

Penggunaan Obat-Obat Terlarang

Obat-obatan terlarang yang dimaksud disini yaitu yang bisa membahayakan kesehatan yaitu seperti NAPZA. Jenis obat-obatan ini dapat menyebabkan iritasi jika masuk kedalam tubuh sehingga dapat menyebabkan pendarahan pada rongga hidung. Jenis Napza yang paling umum yaitu jenis kokain. Maka hindarilah penggunaan obat-obatan terlarang ini karena sangat merugikan kesehatan tubuh.

Operasi hidung

Orang dengan bentuk hidung pesek sering merasa kurang percaya diri sehingga banyak dari mereka yang melakukan operasi hidung. Padahal operasi bukan hal yang bisa dianggap sederhana. Selain mengeluarkan uang banyak juga mempunyai pengaruh bagi kesehatan jangka panjang. Hidung yang dioperasi dapat menyebabkan rongga hidung mengalami pendarahan sehingga jika anda akan mengambil jalan operasi untuk memancungkan hidung maka pikirlah terlebih dahulu dengan banyak pertimbangan.

Tumor

Tumor bisa terjadi di bagian tubuh mana saja termasuk di rongga hidung. Tumor merupakan penyakit dengan bentuk benjolan. Tomur yang terletak pada rongga hidung maka dapat menyebabkan menutup saluran pernapasa serta dapat menekan pembuluh darah yang ada dalm rongga hidung sehingga dapat pecah dan menyebabkan pendarahan pada rongga hidung.

Kelainan Pada Pembekuan Darah

Kelaianan pembekuan darah atau dalam dunia medis disebut dengan hemophilia merupakan kelainan yang dialami seseorang dengan kesulitan pembekuan darah. Pada normalnya orang saat mengalami luka akan cepat sembuh dan luka kering dengan waktu yang cepat. Tetapi pada penderita hemophilia akan mengalami keringnya luka dan mampet darah yang lama sehingga akan menyebabkan pendarahan pada rongga hidung.

Pengkonsumsian Alkohol

Alkohol sudah terkenal merupakan zat yang berbaya untuk kesehatan serta ternyata berbahaya untuk kesehatan pernapasan karena dapat menyebabkan pendarahan pada rongga hidung atau yang disebut mimisan. Jangan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan jika bisa maka hindarilah alkohol karena sangat merugikan bagi kesehatan serta keuangan anda.

Fraktur Nasal

Faktur nasal merupakan gejala fisik yang terjadi karena trauma fisik. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan tulang rawan hidung akibat cedera selama melakukan olahraga, jatuh atau karena kecelakaan. Hal ini bisa menyebabkan rongga bagian dalam dinding hidung terluka sehingga mengalami pendarahan.

Septum Menyimpang

Septum hidung merupakan dinding yang menisahkan antara lubang hidung kanan dan kiri. Septum ini berbentuk dinding dan tipis. Normalnya kondisi septum hidung memisahkan antara lubang hidung kanan dan kiri secara sama atau seimbang, tetapi jika septum ini menyimpang maka lubang hidung kanan dan kiri menjadi tidak sama yaitu salah satu lubang hidung ada yang lebih besar atau lebih kecil. Septum hidung ini bisa terjadi sejak awal kelahiran ataupun terjadi karena cedera hidung. Akibat septum hidung ini maka dapat menyebabkan pendarahan pada hidung.

Penyakit von Willebrand

Penyakit von willebrand merupakan penyakit keturunan yang dapat meneyababkan darah sukar membeku. Dalam darah ada faktor yang disebut dengan koagulasi yang menjadikan darah lebih cepat membeku serta menghentikan pendarahan. Tetapi jika seseorang mengalami penyakit von willebrand maka tidak ada koagulasi dalam darah atau hilang sehingga jika terjadi luka susah membeku. Hal ini juga bisa menyebabkan pendarahan yang berlebihan pada rongga hidung.

Gejala Psikosomatis

Gejala psikosomatis merupakan gejala yang terjadi pada tubuhakibat adanya gejala psikologis yang menyebabkan timbulnya gejala fisiologis. Beberapa gejala psikologis yang menyebabkan terjadinya gangguan psikomatis yairu seperti perasaan tertekan, stres, depresi, kecemasan akan sesuatu, takut serta phobia. Dengan gejala tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami dampak fisiologis yaitu seperti pendarahan pada hidung.

Banyak sekali bukan? itulah beberapa penyebab mimisan atau hidung berdarah. Sangat banyak sekali penyebabnya karena semua dikategorikan berdasarkan dari penyakit yang memicunya. Semakin banyak penyakit yang berefek sampai hidung berdarah maka semakin banyak juga jumlah penyebab hidung berdarah. Maka dari itu sangat banyak sekali penyebab dari mimisan.

Ada sedikit cara pencegahan agar tidak terjadi mimisan pada kita ini. Bagaimana cara pencegahannya? yaitu bekas luka pada pembuluh darah sehabis mimisan biasanya dapat membentuk koreng dan membuat hidung terasa tidak nyaman. Tetapi jangan mengorek koreng tersebut karena hal ini dapat kembali memicu mimisan.

Hidung juga umumnya akan lebih rentan terkena iritasi atau infeksi setelah mimisan. Karena itu, menjauhlah sebisa mungkin dari pengidap flu atau pilek. Menghindari rokok, minuman keras, serta minuman panas juga dapat membantu.

Selain untuk menghindari kembalinya mimisan, ada beberapa langkah sederhana yang mungkin berguna dalam pencegahan kondisi ini.

Berhati-hatilah saat mengorek hidung, jangan terlalu dalam.
Jangan membuang ingus terlalu kencang.
Kurangi merokok. Rokok dapat mengurangi kelembapan hidung dan meningkatkan risiko iritasi hidung.
Gunakan obat pelega hidung sesuai dengan dosis pada kemasan atau anjuran dokter.
Diskusikan dengan dokter jika Anda pernah mimisan dan harus menggunakan obat antikoagulan.

Itu dia tips pencegahan yang bisa mendatangkan manfaat bagi siapa saja yang mencobanya. Rasakan manfaatnya dengan mencoba tips dari saya ini.

Akan tetapi bagi anda yang mengalami hidung berdarah biasa tidak perlu khawatir karena saya akan jelaskan bagaimana cara menanganinya. Silahkan simak tips dari saya ini.

Pada umumnya, mimisan adalah kondisi yang dapat ditangani sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan jika Anda atau anak Anda mimisan.

  • Duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung sehingga dapat menghentikan pendarahan. Sedangkan berbaring justru akan menambah tekanan.
  • Condongkan tubuh ke depan sehingga darah keluar lewat hidung dan tidak masuk ke tenggorokan.
  • Keluarkan dan buang darah yang mengalir ke mulut. Menelan darah dapat memicu keinginan untuk muntah.
  • Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung selama sekitar 10 menit. Langkah ini akan memberi tekanan pada sumber pendarahan sehingga menghentikan darah. Jangan lupa untuk bernapas lewat mulut.
  • Letakkan kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat pendarahan.
Setelah mimisan berhenti, usahakan agar Anda tidak membuang ingus, membungkuk, atau melakukan aktivitas berat selama setidaknya 12 jam. Langkah ini juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada hidung.

Jika mimisan tidak kunjung berhenti setelah 25 menit, Anda sebaiknya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Penentuan jenis penanganan ini tergantung kepada penyebab mimisan.

Orang yang diduga mengalami mimisan karena penyakit tertentu, misalnya hemofilia, akan dianjurkan untuk menjalani tes darah guna memastikan diagnosis. Sedangkan jika sinusitis menjadi penyebab mimisan, dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasinya. Begitu juga dengan mimisan yang disebabkan oleh penggunaan obat tertentu. Jenis serta dosis obat tersebut perlu ditinjau ulang.

Prosedur operasi juga dapat menjadi pilihan jika dibutuhkan. Misalnya membakar pembuluh darah yang sobek menggunakan nitrat. Begitu juga jika memiliki dinding pembatas lubang hidung yang bengkok karena faktor keturunan atau cedera. Anda akan membutuhkan prosedur operasi untuk meluruskannya.

Ada satu lagi tips dari saya berkaitan dengan pijat refleksi yang mungkin akan sangat membantu dan bermanfaat untuk anda. Tidak salahnya anda mencoba tips ini juga silahkan simak baik- baik.

titik pijat refleksi hidung berdarah

Sekarang coba anda perhatikan gambar di atas dan perhatikan pula penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini.

Untuk menyembuhkan penyakit hidung berdarah, maka tekanlah titik- titik refleks pada punggung kaki, telapak kaki dan punggung tangan, selama kurang lebih 1-3 menit, seperti tertera pada gambar di atas.

Pertama lakukan Refleksi pada bagian punggung kaki
- Titik kelenjar parateroid

Kedua lakukan Refleksi pada bagian telapak kaki
- Titik hidung
- Titik leher dan pundak kiri

Ketiga lakukan Refleksi pada punggung tangan
- Titik hidung

Nah itu dia tips terakhir dari saya tentang penanganan hidung berdarah. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Serta dapat membantu meringankan bagi para penderitanya. Jika anda yang sedang mengalami mimisan tidak merasakan khasiat dari tips yang saya berikan ini silahkan langsung pergi ke dokter agar ditangani secara optimal. Tips dari saya di atas hanyalah tips penanganan pertama. Dan tips diatas telah terbukti dilakukan oleh banyak orang dan hasilnya memuaskan. Silahkan tidak salahnya mencoba tips dari saya ini. Terima kasih sudah membacanya. Sampai jumpa di lain waktu....

No comments:

Post a Comment