Wednesday, August 31, 2016

KURANG NAFSU MAKAN TIDAK BAIK UNTUK PEKERJA DAN PENGUSAHA

KURANG NAFSU MAKAN TIDAK BAIK UNTUK PEKERJA DAN PENGUSAHA

Jasmani yang kuat sangat diperlukan oleh kita semua. Baik oleh pekerja maupun para pengusaha. Kesehatan seseorang selalu saja terancam sekalipun dia berada di tempat yang bersih dan jauh dari berbagai macam virus yang mengancam. Virus akan mengancam siapa saja yang ada di sampingnya, baik itu pekerja ataupun pengusaha. Jika virus itu ingin maka dia tidak akan memilih- milih dalam menyerang korbannya sekalipun kita ini pengusaha terkenal. Karena yang menjadi tujuan utama virus tersebut adalah menyerang tubuh yang lemah. 

Jika kita kutip kembali, tadi telah dikatakan bahwa tubuh yang lemah adalah incaran utama para virus. Tubuh yang lemah yang bagaimanakah itu? Tentu saja tubuh yang lemah karena tidak ada asupan energi yang masuk kedalam tubuh itu sendiri. Kemana kita akan memperoleh asupan energi itu untuk membentengi tubuh kita dari serangan virus- virus yang telah menanti. Tentu saja dari makanan- makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Ada banyak makanan di bumi kita ini, tidak hanya itu setiap makanan mempunyai kandungan gizi dan vitamin yang berbeda- beda pula. Alangkah baiknya asupan gizi dan vitamin itu tidaklah berlebihan melainkan harus sesuai dengan takaran yang dibutuhkan oleh tubuh kita ini. Karena jika sampai gizi dan vitamin berlebihan masuk kedalam tubuh maka akan mengancam kesehatan kita juga.

Tahukah anda bahwa masalah utama yang sering dialami oleh manusia itu sendiri adalah kekurangan gizi dan vitamin. Biasanya hal ini terjadi pada orang- orang yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Semua itu bisa di anggap wajar karena makanan yang bergizi memang sulit untuk diperoleh oleh kalangan mereka dan tidak ada unsur sengaja sama sekali dalam memenuhi asupan gizinya itu. Malah terkadang orang- orang yang kayalah yang sering hilang nafsu makannya. Mereka sampai kekurangan gizi dan vitamin sehingga ketika mereka bekerja, pekerjaannya menjadi tidak fokus diakibatkan kondisi tubuhnya tidak stabil. Seharusnya bagi mereka- mereka yang mempunyai banyak pekerjaan, baik pekerjaan ringan dan berat sangat membutuhkan sekali asupan gizi dan vitamin. Dimana gizi dan vitamin itu akan menunjang kelancaran seseorang dalam bekerja. Energi yang prima sangat dibutuhkan sekali agar semua yang kita kerjakan dapat diselesaikan tanpa hambatan. Coba kita bayangkan jika seorang karyawan kantor mengalami hal demikian paling dia hanya mengalami pusing dan tidak dapat melanjutkan pekerjaannya. Dalam skenario akhir mungkin dia akan diijinkan beristirahat oleh bosnya dan selesai. Akan tetapi bagaimana jika hal itu dialami oleh para pekerja bangunan yang harus membawa barang- barang berat. Lalu tiba- tiba terjadi hal demikian, apa yang akan terjadi? bisa saja barang bawaan itu akan menimpa organ tubuhnya karena dia lemas hingga jatuh. Tidak hanya itu coba kalau dia bekerja di bagian tingkat 2 atau 5. Saat dia sedang mengecet temboknya lalu dia pusing bisa saja dia terjatuh dari gedung. Menyeramkan bukan? maka dari itu energi prima sangat diperlukan oleh tubuh kita ini. Jangan sepelekan kesehatan sekecil apapun karena hal yang kecil itu bisa menjadi besar jika kita menyepelekannya.

Mari akan saya jelaskan sedikit tentang gangguan nafsu makan. Kurang nafsu makan atau sering disebut Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.

Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan.

AN bisa menuntun pada pemberhentian kerja organ-organ tubuh dan kematian.

Anorektik dapat juga menunjuk ke obat penahan nafsu.

Siapa saja dapat terkena kurang nafsu makan mulai dari kalangan anak- anak, remaja dan dewasa bahkan orang tua pun bisa terkena juga. Namun ada beberapa penyebab yang mendasari timbulnya kurang nafsu makan ini. Sekarang akan saya sebutkan beberapa penyebab kurangnya nafsu makan berdasarkan penyakit tertentu, berikut penjelasannya diantarannya adalah :

1. Influenza

Yang sering juga di sebut flu yaitu penyakit yang menular yang di sebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxovirydae (virus influenza). Virus ini yang seingkali menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang di timbulkan yaitu Demam, Nyeri tenggorok, Batuk, Menggigil, Nyeri otot, Kepala menjadi berat, dan rasa tidak nyaman secara umum.

2. Peradangan

Radang atau Inflamasi adalah suatu respon utama system kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi di sebabkan  oleh factor kimia (Histamin, Bradikinin, Serotonin, Leukotrien, dan Prostaglandin) yang di lepaskan sel  yang berperan sebagai mediator radang di dalam system kekebalan yang berfungsi  melindungi jaringan di sekitar dari adanya penyebaran infeksi.

3. Demam

Suatu keadaan di saat suhu tubuh atau badan melebihi 37 derajat celcius yang bisa di sebabkan adanya penyakit atau peradangan. Demam bisa juga di sebabkan oleh Sel Darah Putih sedang bekerja melawan sebuah virus atau bakteri. Demam bisa juga di sebabkan oleh nyamuk yang biasa di sebut dengan malaria.

4. Tifus

Gejala ini biasa di sebut dengan demam Tifoid yaitu penyakit yang di sebabkan oleh bakteri  Salmonella Enterica. Bisa di sebut juga dengan penyakit Rickettsia (Typhus) yaitu penyakit yang di sebabkan oleh penyebaran kutu.

5. Malaria

Penyakit yang di sebabkan oleh parasit yang bernama Plasmodium. Penyakit ini di sebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Jika penyakit ini tidak segera di obati maka nanti akan berujung kematian.

Diatas hanya beberapa dari sekian banyak penyakit yang saya sebutkan. Sebenarnya ada banyak sekali penyakit yang mendasari hilangnya nafsu makan dan hampir semua penyakit menyebabkan kurangnya nafsu makan.

Selain itu, di bawah ini adalah beberapa penyebab umum lainnya yang membuat seseorang kehilangan nafsu makan selama berhari-hari:

  • Infeksi, misalnya pneumonia, hepatitis, HIV, influenza, atau infeksi ginjal yang disebut pielonefritis
  • Penyakit jantung, ginjal, dan liver yang serius. Misalnya adalah gagal ginjal kronis, sirosis, atau gagal jantung kongestif dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan
  • Penyumbatan di dalam perut, yang dikenal sebagai obstruksi usus
  • Peradangan pada perut atau usus, seperti yang terjadi pada pasien dengan pankreatitis, radang pada pankreas, iritasi usus besar, atau usus buntu
  • Masalah endokrin , seperti diabetes melitus, atau suatu kondisi yang menyebabkan kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroid)
  • Gangguan autoimun, kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Contohnya termasuk rheumatoid arthritis dan scleroderma
  • Kondisi kejiwaan, seperti depresi, skizofrenia, atau gangguan makan yang disebut anoreksia nervosa
  • Kehamilan
  • Demensia, seperti penyakit Alzheimer, suatu kondisi yang menyebabkan memori menurun dan penurunan fungsi otak lainnya

Apa efek jangka panjang dari hilangnya nafsu makan?

Malnutrisi, kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, adalah masalah serius utama dari kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Efek jangka panjang lainnya terkait dengan penyebabnya. Misalnya, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dalam tubuh, termasuk ginjal, mata, dan saraf. Karena kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol diabetes.

Efek lain yang berhubungan dengan penyebabnya adalah kanker, yang dapat menyebabkan kematian.

Akan tetapi anda semua tidak perlu khawatir karena ada cara mengembalikan nafsu makan anda. Namun perlu anda ketahui langkah penting mengembalikan nafsu makan adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah penyakit yang bersarang di tubuh anda maka obati terlebih dahulu. Maka dengan itu nafsu makan akan kembali.

Bisa juga mencari makanan favorit anda agar dapat membantu menambah nafsu makan. Itu juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk orang- orang yang kurang nafsu makan. Ada tips lain agar nafsu makan anda kembali salah satunya memakan buah kurma atau madu. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengembalikan dan menambah nafsu makan. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang dan semuannya berhasil dengan baik. Tidak hanya itu mereka semua mengatakan puas setelah memakan buah kurma dan madu. Selain menambah nafsu makan ternyata dapat meningkatkan kekuatan tubuh kita, baik stamina ataupun terhindar dari berbagai macam penyakit.

Setelah di analisis ternyata ada titik pijat refleksi yang dapat meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya meningkatkan tapi juga bisa mengembalikan nafsu makan itu sendiri. Silahkan simak tipsnya, berikut penjelasannya.

Titik pijat refleksi kurang nafsu makan

Untuk menyembuhkan gangguan kurang nafsu makan, maka tekanlah titik- titik refleksi punggung dan telapak kaki dan telapak tangan, seperti tertera pada gambar di atas.

Pertama lakukan refleksi pada bagian punggung kaki
- Titik kelenjar paratiroid

Kedua lakukan refleksi pada bagian telapak kaki
- Titik tiroid
- Titik paratircid
- Titik lambung
- Titik usus besar melintang

Ketiga lakukan refleksi pada telapak tangan
- Titik usus besar

Nah itu sekilas tentang pijat refleksi yang bisa anda coba agar merasakan khasiatnya. Pijat refleksi diatas juga telah terbukti oleh beberapa orang dan sangat terasa sekali manfaatnya. Cukup sekian artikel kali ini terima kasih sudah membacanya. Silahkan simak tips saya yang lainnya dilain waktu.


No comments:

Post a Comment