Tuesday, August 30, 2016

ASIK KERJA, PERUT MULAS

ASIK KERJA, PERUT MULAS

Sebut saja namanya Rendi dia bekerja di sebuah perusahaan produksi obat herbal. Dia orang yang sangat gigih dan tekun dalam bekerja. Semua rekan kerjanya salut kepadanya. Tidak hanya itu bos pemilik perusahaan tersebut turut bangga memiliki karyawan seperti dirinya. Hingga suatu saat bos akan bekerjasama dengan salah satu perusahaan ternama dari luar negeri. Pemilik perusahaan asing itu sudah tiba di indonesia dan sekarang menginap di sebuah hotel yang tidak jauh dari perusahaannya. Karena bos sangat percaya pada Rendi, maka dia memberikan tugas yang cukup berat. Dia diperintahkan untuk membuat dokumen terkait dengan kerjasamanya itu. Selain itu Rendi diperintahkan untuk membuah file persentasinya untuk meeting esok hari. Akan tetapi yang lebih beratnya lagi dia sendiri yang harus menyampaikan persentasinya itu. Hal ini baru pertama kali dilakukan oleh bos yang mana pada meeting sebelumnya bos sendiri yang menyampaikannya. Tapi berbeda dengan sekarang ini, orang yang dipercaya oleh bos yang harus mempresentasikan projek kerjasama tersebut. Tanpa pikir panjang Rendi menerima tawaran tersebut. Karena yang ada difikirannya adalah bekerja semaksimal mungkin. Sedangkan masalah hasil itu bagaimana nanti, yang terpenting mengeluarkan kemampuan dalam diri.

Saat perjalanan pulang dia terus berfikir. Apakah dirinya mampu mempresentasikan projek kerjasama di depan pemilik perusahaan asing itu. Namun dia terus membangkitkan rasa semangat dan optimisme dalam dirinya. Sepanjang perjalanan dia terus mencari cara untuk memaksimalkan pekerjaannya itu. Dia tidak mau bosnya kecewa dan perusahaannya gagal dalam hubungan kerjasama dengan perusahaan asing. Karena itu adalah momen yang menguntungkan dimana perusahaan tempat dia bekerja baru pertama kali akan bekerjasama dengan perusahaan asing. Jika semua itu sampai terwujud maka besar kemungkinan keberhasilan perusahaannya itu.
Sesampainya dirumah dia langsung menyelesaikan tugasnya itu. Dia kerahkan semua fikiran dan idenya itu untuk di tuangkan ke dalam file presentasi tersebut. Tidak terasa waktu sudah semakin malam. Namun Rendi sama sekali tidak menyangka bahwa dia telah menyelesaikan tugasnya itu hingga larut malam. Tidak disangka- sangka lagi dia dapat menyelesaikan tugasnya itu dalam waktu semalam. Kini Rendi tinggal menunggu hari esok dimana dia akan mempresentasikan projeknya.

Keesokan harinya di perusahaan tempat dia bekerja. Rendi dipanggil oleh bos untuk datang ke ruangan meeting karena bos dari perusahaan asing akan segera datang. Tidak lama kemudian pemilik perusahaan asing itu tiba di perusahaan tempat Rendi bekerja. Rendi semakin gemetar karena khawatir jika presentasinya itu tidak memuaskan. Sedangkan bosnya berkata bahwa nasib perusahaan ada ditangannya. Hal ini menambah rasa geroginya itu. Tapi dia pintar bisa mengendalikan dirinya agar tidak terbawa suasana. Dia terus menyemangati dirinya sendiri semampu dia agar saat datang waktunya persentasi semua berjalan dengan lancar.

Ketika semua sudah berkumpul Rendi dipersilahkan untuk mempresentasikan projek perusahaannya. Dia pun memulainya dengan penuh ketenangan, dan semangat dia mempresentasikannya. Tidak terasa dia telah menjelaskan projeknya itu selama 30 menit. Tinggal sedikit lagi projek yang harus dia sampaikan. Akan tetapi tiba- tiba dia kesakitan pada bagian perutnya. Rendi pun menjerit kesakitan, dalam hitungan menit dia jatuh pingsan. Bos dari perusahaan asing itu memerintahkan untuk membawanya ke rumah sakit. Sedangkan bos dari Rendi khawatir jika kerjasamanya itu batal. Lalu bos asing itu berkata bahwa dia tetap akan bekerjasama karena dia sangat tertarik dengan projek tersebut setelah di presentasikan oleh Rendi. Dengan begitu bos pun lega mendengarnya.

Rendi segera dibawa kerumah sakit untuk diperiksa secara khusus. Setelah dokter selesai memeriksanya. Dia langsung memberitahukan kepada bos asing dan bosnya itu bahwa sakit yang di derita oleh Rendi tidak serius. Hanya ada sedikit makanan yang menganggu pencernaannya sehingga menimbulkan rasa sakit. Setelah ditangani oleh sang dokter maka keadaanya menjadi baik.

Itulah cerita singkat yang di alami oleh Rendi. Coba jika kita perhatikan semua itu adalah suatu keberuntungan. Keberuntungan yang bagaimana? yaitu walaupun dia belum sempat menyelesaikan presentasinya itu tapi perusahaan yang akan bekerjasama dengan tetap menerima tawaran kerjasama tersebut. Semua itu jarang terjadi di kalangan para pengusaha. Apalagi jika bos asing itu memiliki sifat keras. Mungkin dia akan langsung membatalkan kerjasamanya itu karena merasa tidak puas dengan hasil persentasinya. Akan tetapi semua itu tidak sama sekali terjadi di rapat yang dialami oleh Rendi. Justru bos asing malah sangat puas dan tertarik dengan kerjasamanya itu walaupun penyampaian projeknya itu belum selesai.

Rendi sangat semangat dan siap untuk mempresentasikan projeknya itu akan tetapi hal yang tidak disangka- sangka terjadi padanya. Maka dari itu saat akan menghadapi suatu pekerjaan ataupun hal yang lainnya kita harus tetap menjaga kondisi tubuh. Semua bermula dari mengatur pola makan yang baik. Tidak hanya baik tapi tidak makan sembarangan dan berlebihan. Jika sampai tidak menjaga kondisi tubuh kita maka bisa saja hal yang baru dialami oleh Rendi itu bisa juga dialami oleh kita. Oleh karena itu jagalah kondisi kita agar pekerjaan berjalan dengan lancar dan semua aktivitas dapat kita jalankan.

Ada sedikit kutipan kecil yang perlu kita bahas bersama-sama. Hal ini bisa dianggap sepele tapi sebenarnya cukup serius juga. Karena terkadang hal tersebut datang secara tiba- tiba tanpa kita sangka. Kutipan kecil itu adalah mengenai " Perut Mulas atau Sakit Perut". Keduanya memiliki arti yang sama hanya berbeda saja katanya. Perut mulas ini seringkali terjadi secara tiba- tiba tanpa kita sangka. Karena banyak penyebab dari perut mulas itu sendiri. Perut mulas tidak hanya terjadi saat kita keracunan makanan atau salah makan. Mengapa? karena saat kita memakan makanan yang baik pun bisa saja terjadi yaitu saat kondisi tubuh kita tidak stabil. Hal ini yang menjadi dasar terjadinya sakit perut. Maka jelas sekali sakit perut terkadang sulit kita cegah seperti halnya yang dialami oleh Rendi. Entah baru saja makan apa tiba- tiba perutnya itu bereaksi setelah beberapa jam kemudian. Seharusnya jika memang keracunan makanan dia akan merasa kesakitan pada jangka waktu beberapa menit saja. Namun hal ini berbeda dengan Rendi yang butuh waktu beberapa jam baru bisa merasakan sakit perut yang luar biasa.

Ingin tahu apa itu sakit perut atau perut mulas dan apa saja penyebabnya serta bagaimana cara penanganannya, mari akan saya bahas sedikit.

Mulas atau melilit atau sering dianggap dan disebut sakit perut (Gastro Oesophageal Reflux) adalah rasa sakit atau nyeri yang hanya terjadi di bagian perut. Mulas umumnya terjadi karena ukuran perut membesar dari dalam dan mengurangi ruang bebas di dalam perut. Mulas juga adalah rangsangan untuk segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, atau buang angin. Biasanya ini adalah salah satu tanda keluhan pencernaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disertai muntah, konstipasi, diare, atau keluhan pencernaan lainnya. Mulas juga merupakan salah satu gejala menstruasi atau pula kehamilan pada wanita. Sakit pada perut juga bisa menjadi gejala awal kanker seperti kanker pankreas atau kanker usus. Penyebabnya juga karena makan terlalu banyak atau terlau cepat dan stres.

Sekarang akan saya jelaskan lebih rinci lagi apa saja penyebabnya. Perhatikan beberapa poin dibawah ini agar lebih faham dan tahu apa saja penyebabnya.

1. Merokok

Merokok dapat membuat katup antara perut dan kerongkongan menjadi lemah, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan hingga muncul sensasi terbakar pada kerongkongan dan menyebabkan rasa mulas di perut.

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Jika Anda rawan menderita sakit kepala, pertimbangkan lagi jika ingin mengatasinya dengan minum obat nonsteroid seperti ibuprofen atau naproxen, karena obat ini dapat memicu mulas.

Beberapa resep antibiotik juga dapat menyebabkan mulas, misalnya seperti antibiotik untuk tekanan darah tinggi, albuterol untuk asma, obat osteoporosis, dan beberapa obat penenang.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda berpikir obat yang Anda konsumsi menyebabkan mulas. Jangan memutuskan untuk berhenti minum obat tanpa saran dari dokter.

3. Suplemen minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mengelola penyakit jantung, depresi, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Namun, asam lemak omega-3 juga dapat menyebabkan perut mulas.

4. Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang gejala mulas berhubungan dengan stres. Stres dapat meninggalkan efek neurologis yang memicu rasa sakit pada kerongkongan dan menyebabkan perut mulas.

5. Peppermint

Peppermint, seperti minyak ikan, memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tetapi dapat menimbulkan efek samping perut mulas. Efek menenangkan pada mentol cenderung dapat mengendurkan katup yang memisahkan perut dengan kerongkongan yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dengan lebih mudah.

6. Kelebihan berat badan

Semakin berat badan Anda, semakin besar kemungkinan perut mulas. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa risiko refluks asam penyebab mulas meningkat seiring dengan meningkatnya indeks massa tubuh (BMI/Body Mass Index).

Asosiasi ini tampaknya lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria, terutama pada wanita premenopause. Penyebab yang mungkin adalah karena pola makan yang buruk, kelebihan lemak di perut, dan bahan kimia yang dirilis oleh lemak tubuh.

7. Gen

Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 30 sampai 45 persen risiko perut mulas tergantung pada faktor genetik. Sisanya dapat dipengaruhi oleh makanan yang anda makan, kebiasaan merokok dan kurangnya olahraga.

Sifat fisik yang diwariskan oleh orang tua seperti kelainan fungsi perut atau hipersensitif terhadap asam lambung dapat mempengaruhi sensitifitas perut.

Nah itu dia 7 penyebab yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Karena ketujuh hal tersebut terkadang menimbulkan reaksi di dalam organ tubuh kita dan efeknya kita akan merasakan sakit yang sangat luar biasa. Bahkan terkadang bagi yang tidak kuat menahan rasa sakitnya bisa saja pingsan. Maka jangan sepelekan penyakit yang satu ini karena tanpa diagnosa terlebih dahulu kita tidak akan tahu akar dari sakit tersebut.

Adapun tanda- tanda dan gejala yang muncul pada para penderitanya. Tanda atau gejala mulas pada setiap orang tidak terlalu jauh berbeda dan bahkan hampir sama. Tanda atau gejala umum dari rasa mulas tersebut diantaranya adalah :

  • Sulit berkonsentrasi dikarenakan menahan rasa mulas di perut.
  • Tubuh tidak nyaman karena perut terasa tertekan dan berat.
  • Biasanya secara refleks, penderita harus sedikit membungkuk dan memegang perut untuk meredakan rasa mulasnya.
  • Perut terasa seperti ditekan atau ditusuk sesuatu.
  • Terkadang disertai dengan tanda perut begah dan/atau perut kembung.
  • Bahkan kadang-kadang rasa mulas dapat merambat ke bagian dada (umumnya karena rangsangan untuk bersendawa atau karena maag), meskipun tidak selalu terjadi. Rasa mulas kadang-kadang juga dapat menjadi lebih menyakitkan jika dibiarkan saja terus-menerus.

Rasa mulas pada perut dapat dihilangkan atau dikurangi dengan mengonsumsi obat-obatan herbal, jamu-jamuan tertentu, terapi tertentu, atau cukup digosok dengan minyak gosok pada bagian perut yang sakit (jika rasa mulasnya tergolong ringan). Bahkan, biasanya mulas dapat menghilang dengan sendirinya (kecuali jika dikarenakan suatu penyakit). Atau dapat menghilang dengan melakukan hal yang dirangsang oleh tubuh misalnya saja:

  • Mulas karena rangsangan untuk buang air besar akan hilang setelah buang air besar.
  • Mulas karena rangsangan untuk buang air kecil akan hilang setelah buang air kecil.
  • Mulas karena rangsangan untuk bersendawa akan hilang setelah bersendawa.
  • Mulas karena rangsangan untuk buang angin akan hilang setelah buang angin.
  • Ini juga berlaku untuk kondisi-kondisi lainnya seperti kehamilan, menstruasi, dan sebagainya.

Obat seperti antasida bekerja sangat efektif mengatasi masalah ini. Namun untuk meredakan rasa mulas secara perlahan, duduk diam dengan tenang setelah makan serta menghindari membungkuk, atau tiduran juga dapat membantu. Menurunkan berat badan hingga lingkar pinggang mengecil dapat membantu karena mengurangi tekanan pada perut, dan membuat rasa mulas semakin reda. Butylscopolamine (Buscopan) dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan kram perut.

Ada cara memeriksa berdasarkan lokasi Sakit yang diderita berikut penjelasannya sedikit.

Sakit perut pada bagian tengah agak ke atas
  • Nyeri lambung (gastritis, ulkus lambung, kanker lambung)
  • Nyeri pankreas (pankreatitis atau kanker pankreas, dapat menyebar ke sisi kiri pinggang, punggung, dan bahkan bahu)
  • Duodenum ulkus (divertikulitis)
  • Radang usus buntu (dimulai di sini, setelah beberapa waktu, nyeri bergerak menurun menuju perut bagian kanan bawah)
Nyeri perut bagian atas kanan
  • Hati (hepatomegali yang disebabkan oleh karena hati berlemak, hepatitis, atau disebabkan oleh kanker hati)
  • Kandung empedu dan saluran empedu (batu empedu, radang kandung empedu, cacing gelang)
  • Nyeri usus besar (di bawah daerah hati) (obstruksi usus, gangguan fungsional, akumulasi gas, kejang, radang, kanker usus besar)
Nyeri perut pada bagian kiri atas
  • Nyeri limpa (splenomegali)
  • Nyeri pankreas (pankreatitis atau kanker pankreas, dapat menyebar ke sisi kiri pinggang, punggung, dan bahkan bahu)
  • Nyeri usus besar (di bawah daerah limpa) (obstruksi usus, gangguan fungsional, akumulasi gas, kejang, radang, kanker usus besar)
Sakit perut di bagian tengah (nyeri di daerah sekitar pusar)
  • Radang usus buntu (biasanya pertama dimulai terasa di sini)
  • Nyeri usus halus (peradangan, kejang usus, gangguan fungsional)
Nyeri perut kanan agak ke bawah
  • Sekum (intususepsi, obstruksi usus)
  • Nyeri Usus buntu (disini merupakan lokasi usus buntu)
Nyeri perut kiri agak ke bawah
  • Kolon sigmoid (polip, sigmoid volvulus, obstruksi atau akumulasi gas)
Nyeri pada panggul
  • Kandung kemih (sistitis, mungkin gejala sekunder untuk divertikulum batu kandung kemih, dan kanker kandung kemih)
  • Rasa sakit pada wanita (bagian rahim, ovarium, tuba fallopi)
Sakit pinggang dan sakit punggung bagian kanan
  • Nyeri liver (hepatomegali)
  • Nyeri ginjal bagian kanan (lokasinya di bawah area nyeri liver)
Sakit pinggang dan sakit punggung bagian kiri
  • Nyeri limpa yang sedikit sakit akibat splenomegali
  • Nyeri ginjal bagian kiri
Rendah kembali sakit
  • Nyeri ginjal (batu ginjal, kanker ginjal, hidronefrosis)
  • Nyeri saluran kemih (kencing batu)

Pendekatan diagnosis

Ketika seorang dokter memeriks pasien untuk menentukan etiologi dan pengobatan selanjutnya untuk sakit perut, ia harus melihat riwayat pasien dari jenis keluhan dan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosis di lebih dari 90% kasus. Penting juga untuk dokter perlu mengingat nyeri perut yang dapat disebabkan oleh masalah di luar perut, seperti serangan jantung khususnya dan pneumonia yang kadang-kadang dapat hadir sebagai nyeri perut.

Investigasi yang akan membantu diagnosis termasuk :

Tes darah termasuk menghitung darah secara lengkap, elektrolit, urea, kreatinin, tes fungsi hati, tes kehamilan, amilase dan lipase.
Urinalisis (pemeriksaan urin).
Penggambaran, termasuk X-ray dada dan perut.
Sebuah elektrokardiograf untuk mengetahui serangan jantung yang kadang-kadang dapat hadir sebagai nyeri perut.
Jika diagnosis masih belum jelas setelah penyelidikan dan pemeriksan dasar seperti di atas, maka investigasi lebih lanjut dapat mengungkapkan diagnosis.

Investigasi tersebut akan mencakup:

CT scan dari perut / panggul.
USG perut atau panggul.
Endoskopi dan kolonoskopi (tidak digunakan untuk mendiagnosis nyeri akut).

Tapi anda tidak perlu khawatir karena saya akan berbagi tips cara menanganinya selama sakit perut tersebut masih kategori penyakit biasa. Silahkan simak tips dari saya ini.

1. Jambu biji

Pengobatan pertama bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi jambu biji, terutama untuk sakit perut akibat diare, makan pedas, dan sembelit. Jambu mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare.

Kamu bisa mengonsumsi buah jambu biji secara langsung atau pun membuatnya dalam bentuk jus. Bila hasilnya tidak terlihat setelah tiga hari, konsumsi juga air rebusan daun jambu biji muda minimal satu kali sehari. Biasanya dalam waktu kurang dari seminggu sudah sembuh.

2. Jus wortel

Jus wortel bisa dikatakan obat sakit perut alami yang cukup praktis dan ampuh. Wortel memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk salah satunya pada saat pembentukan tinja.

Kamu juga bisa menambahkan daun mint untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain mengatasi sakit perut, kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint, juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan lambung.

3. Yoghurt

Seperti telah kita ketahui bersama, yoghurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan BAB, dan meningkatkan imun. Manfaat inilah yang menjadikan yoghurt ampuh dalam mengobati sakit perut.

Apapun jenis sakit perut yang kamu alami, yoghurt bisa menjadi obatnya. Konsumsilah yoghurt sebanyak 4-5 sendok makan sebelum sarapan atau pun tidur. Hasil biasanya sudah terlihat hanya dalam tiga hari konsumsi.

4. Pepaya

Dulu saya sudah pernah share manfaat pepaya, yang mana salah satunya dapat menghilangkan sakit perut. Buah ini diperkaya dengan kandungan serat tinggi, jadi bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun hati-hati, tidak semua jenis sakit perut bisa diobati dengan buah ini.

Apabila kamu mengalami sakit perut akibat kembung, sebaiknya jangan konsumsi buah pepaya. Kandungan serat tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh. Nah, bukannya sembuh justru perut kembung kamu semakin parah. Sedangkan jika penyebabnya lain, kamu boleh mengonsumsi pepaya.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk salah satunya sakit perut. Tetapi karena sifatnya asam, usahakan jangan mengobati sakit perut akibat maag dengan cuka sari apel.

Untuk mengatasi sakit perut dengan cuka sari apel cukup mudah. Larutkan satu sendok makan ramuan ini bersama dengan tiga sendok makan madu dan segelas air hangat. Minumlah secara rutin minimal satu kali sehari. Ingat, jangan gunakan cuka sari apel apabila kamu adalah penderita maag.

6. Pisang

Tak usah bingung mencari obat sakit perut sana-sini. Hanya dengan konsumsi pisang saja sakit perut kamu sudah sembuh sendirinya. Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan potasium, kalium, dan elektrolit tinggi yang dapat membantu memelihara pencernaan, mencegah dehidrasi, dan bahkan dapat membuang racun berbahaya (detoksifikasi) dari dalam tubuh.

Terserah kamu ingin mengonsumsi jenis pisang apa. Kalau saya pribadi lebih suka dengan pisang ambon dan raja. Sebab selain rasanya enak, jenis pisang ini juga memiliki tekstur lembut di mulut. Jika bosan konsumsi pisang secara langsung, kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus atau smoothies nikmat.

7. Air kelapa

Air kelapa sangat nikmat dan segar apabila kita konsumsi saat udara panas, apalagi sambil liburan di tepi pantai. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki kandungan berbagai mineral alami dan elektrolit yang dapat mengatasi sakit perut.

Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun penyebab sakit perut. Dengan demikian, air kelapa bisa menjadi obat sakit perut akibat keracunan makanan tertentu. Minumlah minimal 1 gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Teh jahe

Tak ada kelapa di sekitar rumahmu? Nggak usah cemas, kamu masih bisa mengatasi sakit perut dengan teh yang dicampur jahe. Ramuan herbal ini saya dapatkan dari nenek. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah membuktikan sendiri keampuahannya dalam mengobati sakit perut.

Cara mengatasi sakit perut dengan teh jahe:

- Buat teh hangat seperti biasanya. Usahakan air seduhannya panas.
- Tumbuk jahe sebesar ibu jari, kemudian masukan kedalam teh.
- Tunggu sekitar 5 menit. Kamu bisa juga menambahkan gula agar lebih nikmat.
- Minum ramuan tadi selagi masih hangat. Agar hasilnya maksimal saran saya konsumsilah sebelum sarapan.

9. Buah salak

Mungkin beberapa diantara kita sudah tau khasiat buah salak dalam mengobati sakit perut. Yup, buah satu ini sudah dipercaya secara turun temurun sebagai obat diare, bahkan sejak penjajahan sampai sekarang.

Mengonsumsi 2-3 buah salak dalam sehari sangat efektif untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Oleh sebab itu, jangan lewatkan buah kaya manfaat satu ini.

Lakukan Tips Ini Agar Pengobatan Sakit Perut Berhasil

Agar hasilnya maksimal, selama pengobatan kamu harus mematuhi beberapa aturan khusus. Antara lain seperti:

- Banyak beristirahat sampai perut merasa lebih baik
- Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Minumnya air sedikit demi sedikit tapi sering, sebab perut lebih mudah dalam memprosesnya.
- Hindari minuman keras dan minuman berkarbonasi. Misalnya seperti minuman bersoda.
- Cobalah mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan ringan, seperti roti kering atau biskuit, cemilan pisang, dan apel.
- Jangan mengonsumsi makanan pedas, karena ia akan memperparah sakit perut akibat diare yang kamu alami. Usahakan jangan mengonsumsi makanan pedas minimal 48 jam setelah pengobatan.
- Jangan konsumsi makanan yang tinggi lemak. Sebab makanan berlemak pada dasarnya membuat proses pencernaan makanan lebih berat.
- Lakukan olahraga secara teratur. Bila perlu, mulai sekarang berhenti merokok.

Nah itu dia tips yang dapat saya berikan untuk anda. Bagi siapa saja yang menderita sakit pada bagian perut silahkan coba tips dari saya ini. tips ini sangatlah alami tanpa campur tangan bahan kimia. Dijamin aman untuk anda yang mengonsumsinya. Namun jika dalam waktu 2-3 minggu sakit yang anda derita tidak kunjung membaik maka segera pergi ke dokter dan apabila anda mengalami gejala dibawah ini langsung saja pergi ke dokter karena gejala tersebut menunjukkan bahwa anda harus ditangani secara khusus agar tidak menimbulkan penyakit baru. Gejala tersebut diantaranya adalah :

- Ketika muntah-muntah selama beberapa hari
- Serangan demam yang tak kunjung sembuh
- Tidak bisa buang air besar sama sekali
- Buang air kecil terasa sakit dan terlalu sering
- Rasa sakit berasal dari cedera pada bagian perut
- Perut terasa sakit jika disentuh
- Muntah darah
- Buang air besar disertai dengan bercak darah
- Kesulitan bernafas
- Merasakan sakit perut ketika hamil.

Selain itu ingat kembali sebelum anda sakit, anda makan apa sehingga dapat membantu dokter saat mengobati sakit yang anda derita.

Ada sedikit tips pengobatan lagi dengan metode pijat refleksi, silahkan perhatikan gambar dan penjelasannya. Metode ini aman bisa anda coba semoga dapat membantu.

Untuk menyembuhkan penyakit perut mulas tekanlah titik- titik refleksi pada telapak dan punggung tangan serta refleksi  pada telapak kaki, seperti tertera pada gambar berikut ini :

titik pijat refleksi perut mulas

Pertama pijat refleksi pada bagian telapak tangan
- Titik usus besar
- Titik lambung limpa

Kedua pijat refleksi pada bagian punggung tangan
- Titik merangsang bekerjanya usus besar

Ketiga pijat refleksi pada bagian telapak kaki
- Titik lambung
- Titik usus besar melintang
- Titik usus kecil

Nah itu dia tips sedikit menggunakan metode pijat refleksi. Terima kasih sudah membaca artikelnya semoga bermanfaat untuk anda semua yang telah membacanya. Sampai jumpa dengan tips lainnya di lain waktu.

No comments:

Post a Comment