Monday, August 15, 2016

KIAT SUKSES MEMBANGUN USAHA KAFE DENGAN MODAL MINIM

KIAT SUKSES MEMBANGUN USAHA KAFE DENGAN MODAL MINIM

Kafe adalah tempat dimana banyak orang berkumpul, bersantai menikmati hidangan hingga melepas penat dari kegiatan rutinitas harian. Dengan ruang yang nyaman serta sajian minuman dan makanan yang mendukung, kafe akan menjadi tempat yang paling asyik dan banyak dikunjungi orang. Saat ini sendiri kafe memang telah menjadi fenomena dan gaya hidup serta tren, terutama bagi kalangan muda. Maka dari sini peluang untuk mendapatkan keuntungan dan omset besar dari usaha membuka kafe sangat terbuka lebar.

Namun tetap saja meski peluang dan kesempatannya besar, Anda harus bisa menjalankan bisnis kafe ini dengan beberapa taktik dan kiat jitu agar bisa suskes. Apalagi jika Anda hanya memiliki modal yang minim atau terbatas. Lalu seperti apakah taktik dan kiat jitu untuk membangun usaha kafe menjadi sukses dengan modal yang minim ini? Berikut ulasannya.

1. Pilih Tempat yang Ramai dan Buatlah Senyuman Mungkin

Kiat jitu pertama untuk menjadikan usaha kafe ini sukses meskipun dengan modal yang minim adalah dengan memperhatikan lahan dan tempat yang akan digunakan. Usahakan lahan dan tempat yang akan Anda gunakan sebagai kafe ini berada di lokasi yang ramai dan strategis. Anda tidak harus menyewa tempat di mal untuk bisa menarik banyak pengunjung, namun dengan tempat sendiri di pinggir jalan yang ramai, Anda juga sangat mungkin mendapatkan pelanggan yang banyak.


Satu hal penting lagi dari hal ini adalah cobalah untuk membuat tempat yang nyaman bagi pengunjung. Tempat yang nyaman memang sangat mendukung untuk membuat pengujung betah dan datang lagi di lain waktu. Maka semakin terasa nyaman kafe Anda untuk pengunjung maka semakin banyak pula pengujung yang akan datang ke kafe Anda. Dari sini maka Anda akan mampu meraih pendapatan atau omset yang besar setiap bulannya.

2. Sajikan Satu atau Dua Menu yang Lezat

Meskipun bukan rumah makan atau restoran, bukan berarti bisa sembarangan menyajikan menu makanan dan minuman untuk kafe Anda. Lebih dari itu Anda tetap harus mengutamakan kualitas dari menu kafe. Rasa adalah hal pertama dan harus Anda jadikan prioritas. Pastikan bahwa rasa menu sajian di kafe Anda memiliki cita rasa yang tinggi. Hal berikutnya terkait sajian yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan. Tidak hanya sekedar kebersihan tempat, kebersihan dari makanan juga perlu Anda perhatikan.

Jangan sampai membuat konsumen malah merasa jijik dengan menu kafe Anda. Selain menu-menu umum, cobalah juga untuk menyajikan menu kreatif dan juga menu andalan di kafe Anda. Satu hal lagi untuk pengusaha yang bermodal minim, Anda tak harus berfokus untuk membuat variasi menu yang banyak, namun dengan hanya beberapa menu saja, namun enak dan bersih maka pelanggan akan senang untuk datang ke tempat Anda.

3. Beli Bahan Baku Makanan dan Minuman dari Grosir

Untuk menghemat pengeluaran dari menu yang disajikan, Anda bisa membeli bahan baku makanan dan minuman yang akan disajikan ini dari pedagang grosir. Dengan membeli bahan baku dari grosir maka Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada jika Anda membeli bahan baku dari pengecer. Namun untuk mendapatkan harga yang murah dari pedagang grosir, pembeli umumnya diharuskan membeli dalam jumlah yang banyak. Ini memang ketentuan yang banyak berlaku hampir di semua tempat. Tapi bila Anda memang sudah serius dan yakin dengan usaha kafe ini maka membeli dalam jumlah banyak ini pun seharusnya tidak menjadi persoalan.

4. Buat kafe Lesehan yang Nyaman

Seperti yang disebutkan pada tips yang pertama bahwa kenyamanan adalah unsur terpenting dari sebuah kafe. Maka dari itu cobalah untuk membuat kafe Anda senyaman mungkin bagi pengunjung. Tapi bagaimana bisa menciptakan kenyamanan dengan modal yang minim? Tentu saja bisa. meskipun modal yang Anda miliki terbatas bukan berarti Anda tak bisa mencipatakan suasana kafe yang nyaman. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat konsep kafe lesehan.

Dengan konsep ini maka Anda tak perlu lagi memikirkan anggaran untuk meja dan kursi yang memakan biaya yang besar. Dengan konsep kafe lesehan ini Anda juga bisa menciptakan kesan santai dan tentunya nyaman. Namun tetap ada yang perlu Anda perhatikan dalam konsep kafe lesehan ini yaitu kebersihan karpet yang digunakan sebagai alas. Usahakan karpet untuk alas ini tetap bersih dan wangi agar pengunjung merasa nyaman.

5. Pilih Perlengkapan Usaha yang Murah dan Menarik

Usaha berikutnya untuk membangun bisnis kafe yang sukses dengan modal minim adalah dengan memilih perlengkapan usaha yang murah dan menarik. Ingat tidak semua barang mewah bisa menarik perhatian orang. Namun dengan sebuah kreativitas, Anda bisa menciptakan perlengkapan unik dari bahan yang murah dan sederhana yang mampu menarik banyak pengunjung. Apa contoh perlengkapan sederhana yang murah yang mampu menarik pengunjung tersebut?

Sebenarnya banyak bahan yang bisa memenuhi kriteria ini sebut saja seperti piring dari bahan anyaman bambu yang diberi alas daun pisang. Pemilihan gelas dari bahan kayu juga murah juga akan mampu menarik pengunjung untuk datang. Tapi ini adalah salah satu contoh, Anda bisa mengembangkan sendiri peralatan yang unik dari bahan-bahan sederhana tentunya dengan biaya murah meriah.

6. Maksimalkan Tenaga Sendiri

Selanjutnya kiat jitu membangun kafe dengan modal minim adalah dengan memaksimalkan tenaga sendiri. Sebuah usaha memang memiliki segudang pekerjaan yang terkadang membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Maka tak jarang banyak sekali pemilik bisnis yang kemudian merekrut beberapa karyawan untuk membantu usahanya. Namun demikian Anda tak perlu ikut-ikutan kebiasaan itu. Jika Anda mampu mengerjakan beberapa pekerjaan secara sendirian mengapa pula Anda harus merekrut orang.

Lagi pula modal Anda yang minim akan membuat usaha tak kunjung mencapai balik modal dan keuntungan jika memilih merekrut orang. Maka dari itu Anda tak perlu ragu dan tak perlu gengsi jika Anda sebagai pemilik usaha juga juga menjabat sebagai pelayan atau koki. Jangan manjakan diri hanya gara-gara sebagai founder atau bos Anda lantas tak mau mengerjakan apa-apa. Ingat Anda sebagai pengusaha harus berjuang dan bekerja keras di awal usaha untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan.

7. Terapkan Strategi Marketing yang Hemat Biaya

Jika Anda merasa masih membutuhkan penghematan untuk bisnis kafe yang Anda dirikan tersebut, Anda bisa menjalankan penghematan di sektor marketing. Ya, sebuah bisnis memang selalu membutuhkan pemasaran atau marketing agar bisnisnya dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Namun tak jarang banyak pengusaha yang terjebak pada pemborosan dana saat ia melakukan promosi. Maka dari itu Anda yang memiliki keterbatasan dana dalam usaha kafe ini, Anda tak perlu memaksakan diri untuk membuat pemasaran yang memakan banyak biaya.

Tapi bagaimana caranya menerapkan promosi yang hemat ini? Anda bisa menerapkan strategi pemasaran lewat media sosial yang dikenal sangat hemat biaya bahkan gratis atau cuma-cuma. Lalu apakah strategi ini efektif? Tentu saja ini tergantung teknik dan ketekunan Anda mengelola media sosial tersebut. Semakin tekun dan tepat teknik yang Anda gunakan dalam mengelola media sosial ini maka semakin efektif juga strategi yang Anda jalankan.

8. Jalin kerjasama dengan Investor

Terakhir, kiat jitu untuk menjadikan usaha kafe ini sukses meskipun dengan modal yang minim adalah dengan menjalin kerjasama dengan investor. Langkah ini adalah cara yang paling efektif untuk bisa membuat Anda mampu menjalankan bisnis kafe ini dengan lancar dan berkelanjutan. Carilah teman atau sahabat atau anggota keluarga yang mau diajak untuk berbisnis. Dengan modal dari pihak kedua ini maka Anda akan mampu membangun usaha kafe ini meski dengan modal yang minim.

No comments:

Post a Comment